Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peta Geologi Obi Halmahera : Download Dan Resume

Dibawah ini merupakan resume dari Geologi Regional Lembar Obi, Halmahera yang terdiri atas stratigrafi, struktur geologi, serta tektoniknya. Peta lengkapnya beserta atribut geologi resolusi tinggi sanggup anda download pada link yang disediakan dibawah gambar peta.

Pergunakan Peta Geologi Obi Halmahera ini secara bijak, khususnya untuk kepentingan kemajuan pendidikan geologi di Indonesia. Perlu diperhatikan bahwa GeologinesiaCom tidak bertanggung jawab terhadap penyalahgunaan peta peta yang di publish dalam website ini.


Berkaitan dengan ringkasan/resume geologi regional dalam artikel ini, akan lebih baik kalau anda download peta geologinya secara pribadi serta melihat sendiri keterangan lengkapnya pada bab atribut peta. Sesuaikan juga dengan posisi geografis lokasi yang ingin anda "compile" atau sandingkan dengan Peta Geologi Obi, Halmahera ini.

Gambar Peta Geologi Obi Halmahera.



Stratigrafi Lembar Obi

Dibawah ini yakni rangkuman tatanan stratigrafi untuk lembar Obi, Halmahera:
1. ALUVIUM (Qa) : lumpur, lempung, pasir, kerikil, kerakal. Merupakan endapan pantai juga sungai.

2. BATUGAMPING TERUMBU (Ql) : batugamping terumbu maupun breksi batugamping.

3. FORMASI KAYASA (Qpk) : breksi, lava. Breksi berfragmen basal, andesit, sortasi buruk, pejal.

4. FORMASI WOI (Tmpw) : batupasir, konglomerat, napal. Batupasir kelabu, sortasi sedang, tufaan.

5. FORMASI OBI (Tmpo) : breksi, lava bersisipan tufa pasiran serta batulempung tufaan. Breksi berfragmen kerakal andesit maupun basal, kelabu muda hingga kehitaman, tufaan.

6. BATUAN TEROBOSAN (Tmd,Tmg) : diorit dan gabro. Berupa stok serta dyke. Diorite abu-abu kehijauan; mineral penyusun plagioklas, ortoklas, klorit, kuarsa, bijih, sedikit zircon.

7. FORMASI BACAN (Tomb) : breksi, lava dengan sisipan batupasir tufaan maupun batulempung. Breksi abu-abu kehijauan, fragmen berupa andesit, basal sedikit rijang merah.

8. FORMASI FLUK (Tomf) : terdiri atas perselingan batupasir, batulempung juga serpih, bersisipan konglomerat dan batugamping.

9. FORMASI LOLEOBASSO (Js) : perselingan batupasir malih, batulempung malih, slate, serpih serta tufa. Secara umum berwarna kelabu hingga hijau, pejal, berlapis baik, struktur parallel laminasi, setempat foliasi.

10. BATUAN MALIHAN (pTs) : terdiri atas sekis muskovit dan sekis klorit. Umumnya berwarna kelabu, hijau dan coklat, tekstur foliasi, pejal.

11. BATUAN ULTRAMAFIK (pTum) : serpentinit, piroksenit dan harzburgit. Serpentinit warna abu-abu kehijauan, komposisi mineral serpentin, olivine, piroksin, kromit, magnetit, oksida besi.

Struktur Geologi dan Tektonik

Dua lajur sesar besar yang membatasi kepulauan Obi yaitu sesar Sorong – Sula Utara di selatan dan sesar Sorong Maluku di utara. Danau Karu di barat pulau Obi diduga berupa terban yang dibatasi oleh dua sesar yang berarah utara – selatan. Kegiatan tektonik diduga dimulai pada sebelum Jura ditandai dengan munculnya batuan Ultramafik maupun malihan. Tektonik berikutnya terjadi pada Jura, merupakan penenggelaman diikuti oleh pengendapan sedimen deretan Loleobasso. Pada Oligosen – Miosen terjadi lagi penenggelaman diikuti pengendapan deretan Fluk dan Bacan.


Demikian Resume dari Peta Geologi Obi Halmahera beserta link download peta yang sanggup aku berikan. Besar impian saya, semua peta geologi yang di publish disini sanggup dipergunakan sebaik-baiknya. Apabila link download Peta Geologi Obi ini rusak ataupun tidak sanggup di download, mohon di infokan melalui kolom komentar. GeologinesiaCom akan berusaha untuk memperbaikinya. Salam.

Posting Komentar untuk "Peta Geologi Obi Halmahera : Download Dan Resume"