Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Cabang-Cabang Ilmu Bumi

Pengertian Ilmu Bumi

Ilmu Bumi yaitu ilmu yang mempelajari planet bumi serta luar angkasa. Ilmu bumi merupakan ilmu yang sangat menarik lantaran disini banyak diterapkan metode simpel hasil dari perhitungan secara sistematis. Saat ini cabang-cabang ilmu kebumian sangatlah banyak, dimana kesemuanya mempunyai kesamaan tujuan yaitu untuk mengamankan populasi makhluk hidup di planet bumi.

Beberapa ilmuwan bumi (ahli kebumian) memakai pengetahuan mereka untuk menemukan serta membuatkan sumber energi dan mineral. Beberapa lainnya mempelajari dampak kegiatan insan di lingkungan bumi dan metode perencanaan untuk melindungi planet ini. Sedangkan sebagiannya lagi memakai pengetahuan mereka untuk mempelajari proses-proses yang terjadi ibarat gunung berapi, gempabumi, iklim, angin topan, dan lain-lain.


Cabang Ilmu Bumi

Banyak ilmu yang berbeda-beda dipakai untuk mempelajari bumi maupun luar angkasa (antariksa/alam semesta/tata surya). Namun, secara umum terdapat 4 Cabang Utama Ilmu Kebumian, yaitu:
1. Geologi
2. Meteorologi
3. Oseanografi
4. Astronomi

Penjelasan singkat wacana 4 cabang utama ilmu bumi tersebut sanggup dilihat di bawah ini:

Geologi (Ilmu Bumi)

Geologi sering disebut juga dengan istilah "science of the earth" yang berarti "mempelajari bumi". Geologi merupakan cabang ilmu bumi yang mempelajari komposisi materi penyusun bumi, struktur bumi, serta proses-proses di dalam Bumi, baik itu di permukaan ataupun di bawah permukaan bumi.


Ilmu Geologi juga sangat berkaitan dengan organisme di planet ini serta bagaimana perubahan planet kita dari waktu ke waktu. Ahli geologi banyak mengetahui bagaimana mencari sumber energi dan mineral serta mempelajari proses musibah dengan tujuan untuk melindungi lingkungan bumi nantinya.

 Ilmu Bumi yaitu ilmu yang mempelajari planet bumi serta luar angkasa Pengertian dan Cabang-cabang Ilmu Bumi
Ruang lingkup ilmu geologi.

Meteorologi (Ilmu Atmosfer)

Meteorologi yaitu ilmu wacana atmosfer dan bagaimana proses yang terjadi di atmosfer sanggup kuat terhadap cuaca maupun iklim. Meteorologi yaitu ilmu yang sangat simpel lantaran setiap hari orang niscaya bekerjasama dengan cuaca. Saat ini perubahan drastis iklim dari waktu ke waktu merupakan sebuah permasalahan mendesak untuk dicermati. Studi wacana meteorologi sangat penting dalam hal melindungi lingkungan bumi.

Oseanografi (Ilmu Kelautan)

Oseanografi yaitu ilmu wacana lautan atau samudera yang ada di bumi, menyangkut komposisi, pergerakan, organisme, serta proses-proses di dalamnya. Lautan menutupi sebagian besar planet kita serta merupakan sumber penting untuk masakan maupun komoditas lainnya.

Lautan juga mempunyai efek besar terhadap cuaca. Proses yang terjadi di lautan sanggup menjadi faktor utama terjadinya perubahan iklim. Ahli kelautan berupaya membuatkan bahari sebagai sumberdaya dan melindunginya dari kegiatan negatif manusia. Pengetahuan wacana kelautan bertujuan untuk memanfaatkan sumberdaya yang ada di dalam lautan (samudera) serta meminimalkan dampak akhir tindakan negatif insan yang sanggup merugikan lingkungan bumi.

Astronomi (Ilmu Alam Semesta)

Astronomi yaitu ilmu wacana alam semesta ataupun tatasurya. Dibawah ini yaitu beberapa pola mengapa sangat penting mempelajari ruang di luar Bumi (ruang angkasa) :
1. Bulan sanggup menggerakkan sistem pasang surut laut
2. Impact asteroid telah berulang kali menghancurkan bumi
3. Energi dari matahari sangat kuat terhadap cuaca dan iklim.


Pengetahuan wacana astronomi sangat penting dipelajari demi memahami planet ini. Para astronom juga sanggup memakai pengetahuan wacana materi, proses, maupun sejarah bumi untuk memahami planet lain, sekalipun itu di luar tata surya kita sendiri.

 Ilmu Bumi yaitu ilmu yang mempelajari planet bumi serta luar angkasa Pengertian dan Cabang-cabang Ilmu Bumi
Ruang lingkup ilmu astronomi.

Pentingkah Ilmu Bumi ?

Hari ini kita hidup ketika bumi dan penghuninya menghadapi banyak permasalahan. Iklim kita berubah, dan perubahan itu disebabkan oleh kegiatan manusia. Ilmuwan bumi menyadari dilema ini dan akan memainkan tugas kunci dalam upaya mengatasinya. Ilmuwan bumi juga ditantang untuk membuatkan sumber energi gres ramah lingkungan, mencari deposit gres logam ataupun mineral lainnya, serta memilih bagaimana populasi di bumi ini sanggup terus hidup serta terhindar dari bahaya serius akhir kegiatan vulkanik, gempa bumi, tanah longsor, maupun banjir. Ini hanyalah beberapa dilema yang ada di bumi, dimana solusi terhadap semua ini bergantung pada pemahaman mendalam wacana ilmu bumi.

Posting Komentar untuk "Pengertian Dan Cabang-Cabang Ilmu Bumi"