Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Keindahan Gunung Bromo

Bromo yaitu gunung kecil yang terletak di kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Kenapa saya sebut gunung kecil? Karena memang ukurannya tidak sebesar gunung-gunung lainnya di Indonesia. Gunung bromo hanya mempunyai ketinggian 586 m dari dasar gunung (bukan dari permukaan bahari lho). Tapi jangan salah, walaupun kecil gunung ini menyimpan keindahan yang sangat langka.

Kalau membicarakan gunung bromo, maka tidak akan lepas dari lautan pasir yang khas di tempat tempat itu. Bromo yaitu salah satu gunung yang mempunyai padang pasir, lebih tepatnya disebut kaldera (lautan pasir), yang indah. Kalau gunung lain ditumbuhi oleh pohon-pohon yang tinggi, namun tidak dengan gunung yang satu ini. Gunung bromo malahan dikelilingi oleh pasir-pasir yang menutupi hampir seluruh permukaannya.

Pesona gunung bromo

Pasir-pasir bromo berasal dari sisa-sisa ledakan gunung api tersebut. Jangan salah, bromo yaitu gunung yang masih aktif dan mempunyai kawah yang sering mengeluarkan asap-asap panas. Sisa-sisa ledakan masa lampau tertimbun di sekitar gunung dan tersisa dalam bentuk lautan pasir yang indah dan unik. Kita tidak perlu pergi jauh-jauh ke gurun gobi atau sahara untuk melihat lautan pasir, cukup pergi ke bromo saja.

Pengunjung sanggup berjalan-jalan di lautan pasir yang terletak di bawah gunung bromo. Lautan pasir ini cukup luas dan terdapat jalan setapak di dalamnya sehingga kendaraan beroda empat dan motor sanggup melintasinya. Namun apabila tidak hati-hati kendaraan beroda empat dan motor tersebut sanggup selip alasannya pasir hehehe. Di tengah-tengah lautan pasir, terdapat pura yang menjadi tempat ibadah warga hindu di sekitar bromo.

Warga di sekitar bromo sebagian besar merupakan penganut agama hindu, yang katanya merupakan pelarian dari sisa-sisa kerajaan majapahit dulu. Menurut cerita, di saat-saat tamat menjelang keruntuhan majapahit, warga dan para pembesar kerajaan mencari tempat gres sebagai tempat tinggalnya dan bromo dipilih dengan alasan tertentu.

Di bromo, wisatawan sanggup menyewa kuda atau kendaraan beroda empat jeep untuk berjalan-jalan di lautan pasir tanpa takut selip. Pengunjung sanggup berputar-putar di sekitar lautan pasir sampai puas dan membeli beberapa cinderamata menyerupai bunga edelweiss yang banyak dijual penduduk setempat. Bunga edelweiss sanggup bertahan berbulan-bulan sesudah dipetik alasannya mempunyai struktur tebal dan berpengaruh serta anggun bila dijadikan hiasan. Namun bekerjsama beberapa jenis edelweiss dihentikan dipetik dan diperjualbelikan alasannya termasuk tumbuhan langka, jadi saya sarankan jangan dibeli ya hehe.

Apabila telah bosan berkeliling, kita sanggup naik ke puncak gunung untuk melihat kawah bromo. Namun jangan kuatir, telah disediakan anak tangga sampai mencapai puncak gunung sehingga pengunjung tidak kesulitan untuk mendakinya. Namun ternyata anak tangga yang harus dilalui banyak juga, sehingga diharapkan tenaga ekstra untuk mencapai puncak. Namun apabila lelah ketika mendaki, tidak usah panik, istirahat saja sambil foto-foto hehe, lanjutkan perjalanan ketika rasa lelah telah berkurang.

Di puncak bromo kita sanggup menikmati keindahan kawah bromo yang terletak persis di tengah-tengah cekungan gunung. Namun yang pengunjung harus hati-hati dan jangan terlalu melihat ke pinggir hehe, takutnya terpeleset dan nyemplung ke kawah. Sebenarnya di sekitar cekungan telah dibangun pembatas dari beton, namun tidak terlalu tinggi jadi bila tidak hati-hati sanggup membahayakan jiwa. Yah..kesimpulannya bromo yaitu tempat yang indah.

Posting Komentar untuk "Pesona Keindahan Gunung Bromo"