Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Percobaan Letusan Gunung Berapi Dengan Cuka Dan Soda Kue

Percobaan menciptakan gunung berapi sangat menarik untuk dilakukan di sekolah dasar, sekolah menengah pertama, maupun sekolah menengah atas. Karena dalam percobaan itu terdapat nilai pendidikan dan juga nilai hiburan. Nilai pendidikan terperinci nampak dari reaksi kimia antara cuka dengan soda kue, sedangkan nilai hiburannya tentu sangat menarik melihat letupan-letupan yang mirip gunung berapi.

Percobaan menciptakan gunung berapi sangat menarik untuk dilakukan di sekolah dasar  Percobaan Letusan Gunung Berapi dengan Cuka dan Soda Kue
Letusan gunung berapi buatan

Cuka atau asam asetat mempunyai rumus kimia C6H8O7, cuka merupakan larutan bersifat asam yang sering dipakai untuk memasak di rumah. Sedangkan soda camilan elok atau natrium bikarbonat mempunyai rumus kimia Na2CO3 yang bersifat basa, soda camilan elok banyak dipakai untuk memasak camilan elok semoga mengembang.

Percobaan menciptakan gunung berapi ini sangat sederhana dan gampang sebab bahan-bahannya sanggup diperoleh di sekitar kita. Cuka dan soda camilan elok sanggup dibeli dengan gampang di toko seberang jalan hehe. Namun selain materi pokok tadi juga dibutuhkan pewarna merah semoga nanti buih yang terbentuk merah mirip dengan magma sebenarnya.

Tanpa berpanjang dan lebar lagi, akan saya jelaskan cara menciptakan percobaan letusan gunung berapi.

Alat dan bahan
  • Cuka
  • Soda kue
  • Pewarna merah
  • Lilin malam/ tanah liat

Langkah kerja
  • Bentuklah lilin malam atau tanah liat ibarat bentuk gunung
  • Berilah lubang di ujung gunung buatan sebagai daerah keluar buih
  • Campur cuka dengan pewarna merah
  • Tuanglah 2 sendok makan cuka ke dalam lubang tadi
  • Tuanglah 2 sendok makan soda camilan elok ke dalam lubang tadi (2 sendok makan sekali tuang)
  • Perhatikan apa yang terjadi

Yang terjadi ialah buih yang sangat banyak sampai keluar dari ujung lubang mirip mirip magma gunung berapi. Semakin banyak cuka dan soda camilan elok yang diberikan akan semakin banyak pula buih yang dihasilkan. Kalau ingin memakai cuka dan soda camilan elok lebh banyak sebaiknya lubeng di ujung gunung dibentuk lebih dalam semoga cukup banyak cuka dan soda camilan elok yang sanggup ditampung.

Reaksi antara cuka dan soda camilan elok menghasilkan gas karbondioksida yang menjadikan timbulnya buih-buih yang sangat banyak. Reaksi lengkap antara cuka dengan soda camilan elok ialah sebagai berikut.


Reaksi ini akan lebih andal apabila terjadi dalam keadaan tanpa udara/ruang hampa. Buih yang terjadi dalam ruang hampa cukup besar lengan berkuasa sampai meletup-letup mirip semburan magma yang naik ke langit.

Praktis bukan, percobaan ini kondusif dilakukan anak kecil dan materi yang dipakai juga sederhana. Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Percobaan Letusan Gunung Berapi Dengan Cuka Dan Soda Kue"