Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Jenis, Dan Karakteristik Komputasi Awan

Komputasi Awan atau cloud computing adalah campuran pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan). Komputasi awan merupakan evolusi alami dari luas adopsi virtualisasi, arsitektur berorientasi layanan dan komputasi utilitas. Dalam konsep komputasi awan, entitas dari perangkat lunak, perangkat keras, dan jaringan memainkan tugas utama. Upaya kolektif dari entitas tersebut memungkinkan untuk menciptakan komputasi awan.

Fenomena komputasi awan ketika ini semakin berkembang didorong sebagian besar pemain besar, misalnya GOOGLE, Microsoft, Amazon, dan SUN). Mereka telah membangun prasarana komputasi yang sangat besar yang bertujuan untuk mendukung aplikasi mereka dan mengajarkan seluruh dunia bagaimana cara membangun prasarana komputasi skala raksasa untuk mendukung komputasi, penyimpanan, dan layanan aplikasi. Secara sederhana bagan dari komputasi awan sanggup dilihat pada gambar dibawah ini :


 campuran pemanfaatan teknologi komputer  Pengertian, Jenis, dan Karakteristik Komputasi Awan
Gambar bagan sederhana komputasi awan (sumber : pusatteknologi dotcom).

Berdasarkan jenis layanannya, komputasi awan terbagi menjadi beberapa jenis :
  1. Software As A Service, yaitu layanan dari komputasi awan dimana kita bisa menggunkanan aplikasi yang sudah disediakan oleh penyedia. Contohnya Gmail.
  2. Platform As A Service, yaitu layanan dari komputasi awan dimana kita menyewa “rumah” berikut lingkungannya ibarat sistem operasi, network, database engine, framework aplikasi, dan lain-lain untuk menjalankan aplikasi yang kita buat. Contohnya Amazon Web Service.
  3. Infrastructure As A Service, yaitu layanan dari komputasi awan dimana kita bisa “menyewa” infrastruktur IT ibarat komputasi, storage, memory, network dsb. Kita bisa definisikan berapa besarnya unit komputasi (CPU), penyimpanan data (storage) , memory (RAM), bandwith, dan konfigurasi lainnya yang akan kita sewa untuk membangun komputer virtual. Contohnya TelkomCloud.
Analisis komputasi awan umumnya dilihat dari sudut pandang penyedia layanan. Komputasi awan mempunyai beberapa karakteristik, diantaranya yaitu : 
  1. On-demand access ; Komputasi awan mengatakan pemenuhan undangan yang cepat untuk komputasi dan mempunyai kemampuan untuk terus memenuhi kebutuhan yang diperlukan.
  2. Elastisitas ; Menyediakan kemampuan komputasi dalam jumlah yang diharapkan dan akan “dibuang” ketika komputasi tidak lagi diperlukan.
  3. Pay per use ; Seperti sebuah utilitas, biaya sumberdaya komputasi awan didasarkan pada jumlah yang dipakai.
  4. Konektivitas ; Semua server yang terhubung dalam jaringan berkecepatan tinggi yang memungkinkan data mengalir ke Internet, demikan juga antara sumber daya komputasi dan penyimpanan saling terhubung dan terkoneksi dalam jaringan berkecepatan tinggi.
  5. Pooling Sumber Daya ; Prasarana penyedia awan terbagi dalam sejumlah sumberdaya berbagi. Hal ini mengatakan skala hemat untuk komputasi dan layanan.
  6. Infrastruktur maya ; Klien dari komputasi awan tidak mengetahui lokasi bergotong-royong dan tidak mengetahui jenis komputer dari aplikasi yang mereka jalankan. Sebaliknya, penyedia awan mengatakan matrikulasi kinerja untuk menjamin tingkat kinerja minimum. 

Sumber: Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi (SNIT) by Agung Wibowo (STIMIK Nusa Mandiri Sukabumi).

Posting Komentar untuk "Pengertian, Jenis, Dan Karakteristik Komputasi Awan"