Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Gonosom

Gonosom ialah kromosom yang memilih jenis kelamin makhluk hidup, disebut juga dengan kromosom seks. Jenis kelamin binatang ditentukan oleh gonosom ini.

Kromosom binatang bersarkan sifat yang dibawanya dibedakan menjadi autosom dan gonosom. Autosom ialah kromosom yang membawa sifat selain jenis kelamin sedangkan gonosom ialah kromosom yang membawa sifat jenis kelamin atau seks.

Gonosom ialah kromosom yang memilih jenis kelamin makhluk hidup Pengertian Gonosom


Sel insan misalnya, mempunyai 46 kromosom (23 pasang) dengan komposisi 44 autosom dan 2 gonosom. Dua gonosom tersebut yang memilih jenis kelamin seseorang itu pria atau perempuan.

Seorang pria akan mempunyai gonosom XY
Sedangkan wanita mempunyai gonosom XX

Kromosom X mempunyai ukuran yang jauh lebih besar dari kromosom Y, juga mempunyai jumlah gen yang lebih banyak.

Beberapa kelainan/ penyakit keturunan yang berasal dari kromosom X antara lain buta warna dan hemofilia.

Buta warna dalah kelainan dimana seseorang sulit membedakan warna yang dilihatnya. Buta warna dibedakan menjadi 2, yaitu parsial dan total. Buta warna parsial apabila tidak sanggup membedakan beberapa warna saja sedangkan buta warna total tidak sanggup membedakan seluruh warna (mirip televisi hitam putih).

Hemofilia ialah kelainan dimana darah seseorang sulit membeku. Apabila beliau terluka, darah akan terus keluar dari luka dan beresiko kehabisan darah. Darah menjadi sukar beku alasannya hilangnya “faktor pembekuan darah” sehingga proses pembekuan terhambat.

Penyakit keturunan menyerupai buta warna dan hemofilia tidak sanggup disembuhkan sehingga membutuhkan perlakuan Istimewa biar penderitanya sanggup hidup normal tanpa masalah.

Posting Komentar untuk "Pengertian Gonosom"