Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Cabang Ilmu, Dan Prospek Kerja Jago Geologi

Pengertian Geologi

Geologi ialah studi wacana bumi yang meliputi studi material penyusun bumi, struktur materialnya, serta segala proses yang bekerja di dalamnya. Geologi juga meliputi studi organisme yang pernah menghuni planet kita. Berdasarkan pengertian di atas maka gotong royong bab penting dari ilmu geologi ialah material, struktur, proses, dan organisme yang selalu berubah dari waktu ke waktu.

Kebanyakan di indonesia ilmu geologi masuk dalam jurusan atau jadwal studi bidang keteknikan yang biasa dikenal sebagai jurusan teknik geologi. Fakultas yang sering membawahi jurusan ini biasanya ialah fakultas teknik ataupun fakultas ilmu kebumian. Dalam satu fakultas ilmu kebumian, jurusan geologi sering hadir bersama dengan jurusan pertambangan, geofisika, mineralogi, dan jurusan lainnya yang masih terkait dengan ilmu kebumian.

 Geologi ialah studi wacana bumi yang meliputi studi material penyusun bumi Pengertian, Cabang Ilmu, dan Prospek Kerja Ahli Geologi
Gambar ilustrasi geologist.

Tugas Ahli Geologi

Ahli geologi sering disebut juga sebagai "Geologist". Mereka bekerja untuk memahami sejarah planet kita. Semakin baik mereka sanggup memahami sejarah bumi, semakin baik pula mereka sanggup meramalkan bagaimana insiden dan proses masa kemudian yang kemungkinan akan mensugesti masa depan. Berikut ialah beberapa teladan kiprah spesialis geologi:

Ahli geologi yang mempelajari proses bumi : banyak proses menyerupai tanah longsor, gempa bumi, banjir, dan letusan gunung berapi bisa berbahaya untuk manusia. Ahli geologi bekerja untuk memahami proses ini, biar orang lain sanggup diperingati untuk tidak membangun struktur/bangunan di area rawan tersebut. Jika spesialis geologi sanggup membuat peta-peta rawan banjir di masa lalu, maka mereka juga sanggup mempersiapkan peta (lihat simbol warna pada peta) kawasan yang kemungkinan rawan banjir di masa depan. Peta ini sanggup dipakai untuk memandu masyarakat dalam hal kewaspadaan maupun kesadaran atas ancaman yang mungkin akan terjadi.

Ahli geologi yang mempelajari material bumi : setiap hari insan memakai material bumi. Mereka memakai minyak yang dihasilkan dari sumur, logam ataupun mineral yang dihasilkan dari batuan, dan air  yang diambil dari sungai atau dari dalam tanah. Ahli geologi melaksanakan studi untuk menemukan batuan yang mengandung logam penting, menambang atau memproduksinya, dan membuat metode yang dipakai untuk mengambil logam dari batuan (ekstraksi). Geologist juga melaksanakan pekerjaan untuk mencari dan memproduksi minyak bumi dan gas alam, serta air tanah.

Ahli geologi yang mempelajari sejarah bumi : Saat ini kita prihatin wacana perubahan iklim. Banyak hebat geologi bekerja untuk mempelajari wacana iklim masa kemudian bumi dan bagaimana bumi kita telah berubah sepanjang waktu. Informasi sejarah geologi ini sangat mempunyai kegunaan untuk memahami bagaimana iklim ketika ini dan memprediksi iklim di masa depan.

Cabang Ilmu Geologi

Ilmu geologi merupakan ilmu induk bagi beberapa cabang ilmu lainnya, diantaranya menyerupai ilmu paleontologi, hidrologi, pertambangan, mineralogi, dan vulkanologi. Masing-masing negara membuat cabang ilmu tersendiri yang merupakan pengembangan dari ilmu geologi murni. Geologi dikatakan sebagai ilmu induk alasannya ialah banyak cabang-cabang ilmu geologi ketika ini telah independen, yang dahulunya masih dibawahi oleh geologi. Sesungguhnya ilmu geologi merupakan ilmu bumi yang general dan turunannya inilah yang selanjutnya menghasilkan suatu ilmu yang lebih spesifik.

Dalam suatu kurikulum standard (khusus S1 di indonesia), seorang mahasiswa geologi diwajibkan untuk menguasai kurikulum pendidikan menyerupai struktur geologi, petrologi, kristalografi dan mineralogi, paleontologi, geologi sejarah, geomorfologi, dan masih banyak lagi kurikulum lainnya. Kurun waktu tercepat untuk menuntaskan semua kurikulum geologi tersebut biasanya ialah 4 tahun.

Prospek Kerja Teknik Geologi

Geologi sanggup menjadi sebuah karier atau pekerjaan yang sangat menarik dan juga bermanfaat. Pendidikan minimum yang diharapkan untuk menjadi geologist ialah gelar sarjana yang sanggup ditempuh selama empat tahun di jurusan geologi. Siswa pra-perguruan tinggi (SMA atau Setingkatnya) yang tertarik untuk menjadi hebat geologi harus menguasai kurikulum utama menyerupai matematika dan ilmu pengetahuan alam. Program kurikulum yang berkaitan dengan komputer, geografi dan komunikasi juga merupakan nilai tambah tersendiri.

Ahli geologi sanggup bekerja di banyak sekali lini, menyerupai di perusahaan sumber daya alam mineral, minyak, dan gas bumi (lihat disini sumber daya alam yang tidak sanggup diperbaharui), di perusahaan konsultan lingkungan, konsultan eksplorasi dan pertambangan, instansi pemerintah, organisasi non-profit, maupun sebagai pengajar di universitas (dosen). Sebagian besar waktu geologist dihabiskan di lapangan, sisanya mereka menghabiskan waktu di laboratorium, ruang teknis, ataupun kantor. Semua hebat geologi harus bisa menyiapkan laporan, melaksanakan estimasi dan perhitungan, serta bisa memakai komputer.

Gaji Geologist

Jenjang pendidikan geologi yang lebih tinggi akan menghasilkan hebat geologi untuk posisi pengawas, peneliti, ataupun menjadi pengajar di universitas. Kesempatan kerja bagi hebat geologi sangat menarik. Kebanyakan lulusan geologi dengan latar belakang akademis yang berpengaruh dan nilai yang baik, tidak akan kesulitan menemukan pekerjaan kalau mereka bersedia untuk pindah ke lokasi dimana pekerjaan tersebut berada. Selama beberapa tahun ke depan, jumlah lowongan pekerjaan geologi diperkirakan akan melebihi jumlah lulusan/sarjana geologi.

Gaji geologist cukup bervariasi, khususnya di luar negeri, range honor yang bisa diperoleh pada perusahaan sumberdaya alam mineral (lihat pengertian mineral), minyak, dan gas bumi sekitar $ 50.000 - $ 100.000 per tahun. Sedangkan di Indonesia masih cukup rendah dengan range sekitar 10 - 25 juta per bulan. Range honor tersebut sudah tentu menurut tingkat keahlian yang biasanya terbagi atas anabawang geologist, geologist, dan senior geologist. Selain itu range honor geologist juga sering ditentukan menurut level administrasi geologist, menyerupai level supervisor, superintendent, manager, dan sebagainya.

Syarat Masuk Teknik Geologi

Jika kau ialah seorang siswa pra-perguruan tinggi (SMA dan setingkatnya), Kamu sanggup mempersiapkan diri untuk menjadi hebat geologi dengan mendalami semua ilmu pada kurikulum sekolah Anda. Semua ilmu sangat penting, tetapi matematika dan ilmu pengetahuan alam merupakan ilmu khusus yang nantinya akan dipakai setiap ketika dalam melaksanakan pekerjaan geologi.

Meskipun hanya dengan gelar S1 seseorang bisa menjadi geologist, tetapi banyak hebat geologi yang melanjutkan pendidikannya untuk mendapat gelar master ataupun doktor. Pendidikan geologi yang lebih tinggi akan mengatakan tingkat pemahaman ilmu yang lebih mendalam, menyerupai mempelajari lebih khusus wacana paleontologi, mineralogi, vulkanologi ataupun hidrologi (lihat disini siklus hidrologi).

Jika kau sudah menjatuhkan pilihan untuk menjadi spesialis geologi (geologist), maka ada banyak universitas atau setingkatnya yang memperlihatkan jadwal studi ataupun jurusan geologi, baik diluar negeri maupun didalam negeri. Beberapa perguruan tinggi dalam negeri yang menyediakan jurusan geologi ialah Universitas Gadjah Mada (UGM), Institute Teknologi Bandung (ITB), Universitas Diponegoro, Universitas Hasanuddin, dan masih banyak lagi perguruan tinggi lainnya.

Posting Komentar untuk "Pengertian, Cabang Ilmu, Dan Prospek Kerja Jago Geologi"