Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Palaeobiology Series : Brontosaurus

Brontosaurus atau kini lebih dikenal dengan nama Apatosaurus merupakan genus dinosaurus berleher panjang yang hidup pada jaman jura (jurasic period) sekitar 154 hingga 150 juta tahun yang lalu. Merupakan salah satu binatang terbesar yang pernah hidup dengan panjang dari ujung kepala hingga ujung ekor mencapai 23 meter dengan asumsi berat 32 ton. Fosil dari brontosaurus ditemukan di beberapa daerah di Amerika Serikat. Kata brontosaurus diambl dari bahasa yunani yang artinya kadal kilat.

Ilustrasi morfologi brontosaurus

Brontosaurus mempunyai leher dan ekor yang sangat panjang. Ekor yang panjang membantunya menjaga keseimbangan ketika berjalan di darat. Brontosaurus mempunyai kaki depan yang lebih pendek dibandingkan kaki belakangnya. Hewan ini mempunyai satu cakar panjang pada masing-masing kaki depannya. Kuku-kuku yang lain menyerupai dengan kuku yang dimiliki gajah ketika ini, berbentuk tumpul dan pendek. Kepalanya mempunyai ukuran yang relative kecil dibandingkan dengan ukuran tubuhnya yang besar.

Ilustrasi kaki depan brontosaurus dengan 1 cakar

Beberapa andal menyatakan bahwa brontosaurus menghabiskan sebagaian waktunya di air alasannya ialah ukuran tubuhnya terlalu besar untuk berjalan di darat. Namun pendapat ini berangsur-angsur ditinggalkan sehabis dilakukan analisis rangka dan lokasi inovasi fosil, ditemukan fakta gres bahwa binatang ini merupakan penghuni darat murni atau paling tidak menghabiskan sebagian besar waktunya di darat.

Struktur rangka brontosaurus

Dinosaurus ini dikategorikan sebagai binatang pemakan tumbuhan (herbivora) menurut bukti fisik adanya gigi seri pemotong pada rahangnya, struktur yang menyerupai dengan gigi seri binatang pemakan tumbuhan yang ada ketika ini. Tumbuhan merupakan sumber masakan yang miskin nutrisi, oleh alasannya ialah itu brontosaurus menghabiskan sebagian besar waktunya untuk makan. Diperkirakan dalam sehari akan menghabiskan sekitar 3 ton tumbuhan untuk dimakan ( kurang lebih 10 % dari berat tubuhnya).

Cakar pada kaki depannya dan ekor merupakan senjata utama untuk menghalau musuh, terutama pemangsa besar menyerupai Allosaurus yang hidup sejaman dengannya. Perkembangbiakannya dilakukan dengan bertelur, sama menyerupai semua jenis dinosaurus lainnya.

Tengkorak brontosaurus, mempunyai struktur gigi pemakan tumbuhan


Posting Komentar untuk "Palaeobiology Series : Brontosaurus"