Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mineral Biotit Dan Kegunaannya

Pengertian Mineral Biotit

Mineral biotit adalah nama yang dipakai untuk kelompok besar mineral mika hitam yang biasanya ditemukan dalam batuan beku dan metamorf. Mineral kelompok mika sangat bervariasi komposisi kimianya, tetapi sifat fisiknya sangat menyerupai yaitu bahwa semua mineral mika membentuk lembaran silikat. Umumnya, komposisi kimia biotit yaitu : K (Mg, Fe)2-3 Al1-2 Si2-3 O10 (OH,F)2.


Nama "biotit" biasanya dipakai di lapangan alasannya yaitu kelompok mineral mika hitam (annite, siderophyllite, fluorophlogopite, eastonite, dsb) umumnya tidak sanggup dibedakan tanpa pengamatan optik, kimia, ataupun x-ray analisis. Biotit yaitu mineral utama yang ditemukan dalam aneka macam batuan beku menyerupai granit, diorit, gabro, peridotit dan pegmatit.

Biotit juga sanggup terbentuk pada kondisi metamorfik dikala batulempung terkena panas dan tekanan sampai membentuk sekis dan gneiss. Meskipun biotit sangat tidak tahan terhadap pelapukan dan sanggup berkembang menjadi mineral lempung, tetapi adakala biotit masih sanggup ditemukan dalam material sedimen dan batupasir.
 nama yang dipakai untuk kelompok besar mineral mika hitam yang biasanya ditemukan dalam MINERAL BIOTIT DAN KEGUNAANNYA
Kenampakan mineral biotit dan sifat fisiknya.

Sifat-sifat Fisik Mineral Biotit

Biotit sangat gampang untuk diidentifikasi, dan dengan sedikit pengalaman seseorang akan sanggup mengenalinya secara visual. Biotit merupakan mika hitam dengan pecahan yang tepat dan kilap vitreous. Ketika biotit dipisahkan menjadi lembaran tipis, lembaran tersebut bergotong-royong bersifat fleksibel, tetapi apabila dilenturkan lebih berpengaruh lagi maka lembaran tersebut akan patah.


Lembaran biotit apabila disinari maka akan tembus cahaya dan menghasilkan pendaran berwarna coklat, abu-abu atau kehijauan. Geologist yang berpengalaman adakala sanggup mengenali phlogopite dengan warna coklatnya. Sifat fisik biotit secara lengkap sanggup dilihat pada gambar diatas.

Macam-macam Jenis Mineral Biotit

Seperti disebutkan di atas, biotit yaitu nama yang dipakai untuk sejumlah mineral mika hitam yang mempunyai komposisi kimia yang berbeda tetapi sifat fisik sangat mirip. Mineral ini umumnya tidak sanggup dibedakan dari satu sama lain tanpa analisa laboratorium. Untuk sanggup melihat macam-macam jenis mineral biotit beserta komposisi kimianya, perhatikan pada gambar dibawah ini.
 nama yang dipakai untuk kelompok besar mineral mika hitam yang biasanya ditemukan dalam MINERAL BIOTIT DAN KEGUNAANNYA
Macam-macam jenis biotit beserta komposisi kimianya.

Kegunaan Mineral Biotit

Mineral biotit berguna secara komersial menyerupai sanggup dipakai sebagai pengisi dan "extender" dalam cat, sebagai aditif untuk lumpur pengeboran, sebagai pengisi inert dan media cetakan, dan sebagai lapisan permukaan pada industri aspal. Biotit juga dipakai dalam potassium-argon dan metode-metode argon pada dating batuan beku.

Biotit sering mengelabui para pendulang emas, baik itu yang berpengalaman sekalipun. Serpihan kecil biotit dalam dulang sanggup menghasilkan refleksi berwarna perunggu terperinci apabila terkena sinar matahari. Refleksi ini sanggup menipu pendulang dengan berpikir bahwa ia telah menemukan emas.

Posting Komentar untuk "Mineral Biotit Dan Kegunaannya"