Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makhluk Hidup Tertua Di Dunia Ada Di Amerika

Makhluk hidup unik tiap jenisnya, masing-masing mempunyai perbedaan yang sehingga sanggup dibedakan antara jenis yang satu dengan jenis lainnya. Salah satu perbedaan dalam dunia makhluk hidup yakni berkaitan dengan usia hidupnya di muka bumi. Ada makhluk hidup yang hanya sanggup bertahan hidup selama beberapa jam dan beberapa hari saja, namun ada pula yang bisa hidup sampai ratusan bahkan ribuan tahun. Makhluk hidup tertua yang hidup ketika ini yakni pohon bristlecone pine (Pinus longaeva) yang hidup di California, Amerika Serikat.

Pohon pinus tersebut telah berumur sekitar 5.064 tahun pada 2014, pohon ini telah menyaksikan lebih dari 1,8 juta kali matahari terbit sepanjang hidupnya. Pohon ini juga telah menyaksikan aneka macam kerajaan muncul dan menghilang serta menjadi saksi bisu peradaban manusia. Pohon pinus ini tumbuh di White Mountain, tempat pegunungan tinggi yang hampir selalu diselimuti salju.


Pohon pius ini berukuran cukup besar, diameternya lebih besar dibandingkan dengan tinggi seorang insan normal. Yang unik yakni bahwa pohon ini hanya mengalami pertumbuhan 2 ahad saja dalam setahun. Hal itu terjadi alasannya tempat tumbuhnya pohon ini di White Moutain, yakni tempat pegunungan tinggi yang hampir diselimuti salju sepanjang tahun. Oleh alasannya itu, pohon pinus ini hanya mengalami pertumbuhan optimal selama 2 ahad saja ketika ekspresi dominan panas.

Pohon pinus ini pernah tersambar petir sampai batangnya menjadi terbelah namun pohon tersebut tidak mati. Dengan terbelahnya batang pohon tersebut, nampak lingkaran-lingkaran tahun yang sanggup menjadi salah satu indikator untuk menhitung umur pohon tersebut. Disekitar pohon renta ini juga ditemukan beberapa bristlecone kecil yang gres hidup beberapa tahun, siap menggantikan pohon renta tersebut apabila ajalnya telah datang nanti.

Posting Komentar untuk "Makhluk Hidup Tertua Di Dunia Ada Di Amerika"