Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013

Langkah-langkah pembelajaran yang sistematis diharapkan untuk menjelaskan suatu konsep bahan kepada siswa. Guru perlu menerapkan konsep pembelajaran yang baik dalam setiap kegiatan belajar-mengajar. Dengan adanya perancanaan yang sistematis pembelajaran diharapkan akan mencapai tujuan yang dikehendaki  kurikulum.

Kurikulum 2013 bertumpu pada acara siswa di kelas, guru tidak lagi menjelaskan semua konsep, namun membantu siswa untuk menemukan konsep. Penerapan kurikulum 2013 memerlukan kreatifitas guru dalam kegiatan belajar. Guru diharapkan sanggup menjadi jembatan antara pengetahuan dan siswa.

Banyak guru belum menerapkan langkah-langkah kurikulum 2013 alasannya yaitu merasa kesulitan dalam penerapannya, mungkin alasannya yaitu belum terbiasa atau kurangnya informasi. Langkah-langkah dalam kurikulum 2013 menitikberatkan pada keaktifan siswa di dalam kelas. Bagan di bawah ini yaitu langkah pembelajaran dalam kurikulum 2013.


Secara umum langkah-langkah tersebut yaitu sebagai berikut.

Pembukaan
  • Guru menunjukkan salam pembuka kepada siswa, demikian pula siswa kepada guru.
  • Guru menunjukkan apersepsi, mengaitkan keadaan sekitar, keadaan siswa, atau pengetahuan awal siswa dengan ilmu yang akan dipelajari.
  • Guru menunjukkan pengantar bahan berupa bahan dasar yang akan membantu siswa untuk menemukan konsep dalam kegiatan inti.
  • Guru memberi motivasi mencar ilmu kepada siswa.
Kegiatan inti
  • Siswa mengamati segala sumber mencar ilmu yang akan mengantarkan siswa menemukan konsep (mengamati tumbuhan, gerak hewan, sinar matahari dsb).
  • Setelah mengamati akan muncul pertanyaan dalam benak siswa sehingga akan timbul tanya jawab antar siswa untuk memecahkan permasalahan, guru sanggup menunjukkan pertanyaan awal biar siswa terpacu untuk berpikir dan berdiskusi dengan siswa lain.
  • Siswa akan menalar insiden yang terjadi menurut pemahaman yang mereka ketahui dan menemukan konsep awal. Guru sanggup membantu siswa yang kesulitan dalam memahami konsep awal dengan menunjukkan penjelasan-penjelasan singkat.
  • Siswa akan mencoba mempraktikkan pengetahuan untuk menemukan konsep pengetahuan (melalui praktikum, mengerjakan soal-soal aplikasi dsb).
  • Kegiatan-kegiatan di atas (Berdasarkan acara interpersonal dan intrapersonal) mengakibatkan siswa sanggup mencipta pemahaman menurut pengalaman langsung, membangun kerjasama dengan siswa lain, berkomunikasi aktif, dan sanggup mengimplementasikan pemahaman yang mereka peroleh.
Penutup
  • Guru dan siswa bahu-membahu menyimpulkan inti dari proses pembelajaran yang telah berlangsung, merupakakan tahapan untuk menyamakan konsep yang diperoleh semua siswa.
  • Guru menunjukkan motivasi dan ucapan penghargaan alasannya yaitu kinerja siswa.
  • Guru sanggup menunjukkan pengayaan.
  • Guru dan siswa saling mengucapkan salam penutup. 

Kegiatan pembelajaran tersebut bertumpu pada aktifitas siswa. Guru diharapkan bisa kreatif dalam merencanakan pembelajaran sehingga kegiatan mencar ilmu sanggup terealisasi dengan baik. Pembiasaan penerapan kurikulum 2013 penting dalam rangka mencapai tujuan dikembangkannya kurikulum ini yaitu tercipta lulusan yang berkualitas dalam kurun globalisasi.

Posting Komentar untuk "Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013"