Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi Enzim

Enzim ialah molekul protein yang berfungsi mempercepat jalannya reaksi kimia pada makhluk hidup. Enzim dihasilkan dalam jumlah sedikit oleh badan namun mempunyai tugas yang sangat penting bagi kelangsungan hidup organisme. Terdapat berbagai jenis enzim dalam badan yang menjadi mediator bagi ratusan bahkan ribuan reaksi kimia penting. Berdasarkan International Union of Biochemistry (IUB), enzim-enzim dibagi menjadi 6 kelompok menurut sifat katalitiknya.


 Enzim ialah molekul protein yang berfungsi mempercepat jalannya reaksi kimia pada makhlu Klasifikasi Enzim
Enzim dehidrogenase mengkatalisis alkohol menjadi aldehid

Enam kelompok enzim yang telah disepakati ialah sebagai berikut.

Oksidoreduktase
Adalah enzim-enzim yang mengkatalisis (mengolah) reaksi oksidasi dan reduksi dan biasanya memakai koenzim NAD, NADP, FAD, atau Koenzim Q. Contohnya ialah enzim dehidrogenase, oksidase, dan oksigenase.

Transferase
Adalah enzim-enzim yang mengkatalisis pemindahan gusus tertentu menyerupai aldehid, keton, fosfat, atau glikosil. Contohnya ialah enzim aminotransferase, transketolase, dan transaldolase.

Hidrolase
Adalah enzim-enzim yang mengkatalisis pemecahan ikatan antara karbon dengan atom lainnya melalui penambahan molekul air. Contohnya ialah enzim amidase, peptidase, dan fosfatase.

Liase
Adalah enzim-enzim yang mengkatalisis pemecahan ikatan karbon-karbon, karbon-sulfur, dan karbon-nitrogen. Contohnya ialah enzim dekarboksilase, aldolase, dan deaminase.

Isomerase
Adalah enzim-enzim yang mengkatalisis reseminasi optik atau isomer geometrik dan reaksi oksidasi reduksi intra molekuler. Contohnya ialah enzim epimerase, mutase, dan isomerase.

Ligase
Adalah enzim-enzim yang mengkatalisis pembentukan ikatan antara karbon dengan karbon, karbon dengan sulfur, karbon dengan nitrogen, serta karbon dengan oksigen. Contohnya ialah enzim sintetase dan karboksilase.

Posting Komentar untuk "Klasifikasi Enzim"