Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Seputar Motogp

Postingan kali ini saya akan membahas fakta dan isu terkait MotoGP yang mungkin anda belum tahu. Semoga sanggup menambah ilmu dan pengetahuan anda sekalian.

1. GAJI PARA RIDER MOTOGP



Di setiap musim, rider MotoGP rela bertaruh nyawa demi meraih posisi terdepan. Dengan resiko sebesar itu, kira-kira berapa honor yang mereka terima??. MotoGP memakai sistem kontrak, sanggup per tahun atau per dua tahun. Kaprikornus sanggup dibilang, mereka outsourcing sebab sistem kerjanya kontrak. Menurut situs TotalSportek, dari semua rider MotoGP, honor tertinggi dipegang oleh sang legenda MotoGP, Valentino Rossi. Ia dikontrak oleh Yamaha selama 2 tahun seharga 10 juta dollar atau sekitar Rp. 136.000.000.000 (136 Milyar). Itu belum semua, masih ada fee endorsement senilai 8 - 10 juta dollar.

Gaji yang diterima Rossi sama dengan Marc Marquez ialah sekitar Rp. 136 Milyar untuk kontrak selama 2 tahun di pabrikan Honda. Namun fee endorsement Marc Marquez lebih kecil yakni hanya 2 juta dollar atau sekitar Rp. 27.200.000.000 (27 Milyar).

Jorge Lorenzo lebih kecil dari Marc Marquez, ialah sekitar 6.5 juta dollar dan Dani Pedrosa 2.5 juta dollar. Untuk rider-rider lainnya, harga kontraknya masih dibawah 1 juta dollar, kecuali Andrea Dovizioso yang dihargai 1 juta dollar oleh Ducati.

2. SISTEM PENALTI DAN SANKSI



Pembalap MotoGP harus disiplin sebab setiap kesalahan yang dilakukan akan berakibat fatal bahkan hingga ke urusan hilangnya nyawa seseorang. Untuk itu, ada peraturan yang harus dipatuhi dan setiap pelanggaran akan ada sanksinya. MotoGP memakai sistem point dimana tiap pelanggaran akan ada bobot masing-masing. Jumlah point diakumulasi dan ketika mencapai angka tertentu, maka ada konsekuensi yang harus diterima pelaku pelanggaran. Berikut listnya :
  • 4 point : Pembalap harus start dari belakang di race selanjutnya.
  • 7 point : Pembalap harus start dari Pit di race selanjutnya.
  • 10 point : Pembalap dihentikan ikut di race selanjutnya.

3. SUDUT KEMIRINGAN MOTOR



Saat menikung, sebuah motor MotoGP sanggup dimiringkan hingga dengan 64 derajat. Dalam gambar terlihat perbandingan dari beberapa jenis motor. Jadi, jikalau anda memakai motor jenis scooter, jangan coba-coba mengikuti kemiringan MotoGP. Menurut penelitian, motor jenis scooter hanya sanggup dimiringkan maksimal 40 derajat.


4. KONTAK BAN DENGAN ASPAL SAAT MENIKUNG



Masih soal menikung, ban yang dipakai dalam MotoGP juga luar biasa super. Area yang bersentuhan dengan aspal dikala mereka menikung hanya sebesar gambar di atas (kartu kredit). Hebatnya, mereka tidak tergelincir padahal motornya sangat berat dan berkecepatan tinggi. (Sumber: Exogenius, Total Sportek, MotoGp dotcom).

Posting Komentar untuk "Fakta Seputar Motogp"