Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ditemukan Dara Bahari Biasa Di Dataran Tinggi !

Pagi ini aku benar-benar dibentuk kaget oleh kehadiran tamu tak diundang yang sangat tidak umum. Tamu tersebut berjulukan dara bahari biasa/ Sterna hirundo/ common tern yang terbang di atas rumah aku di Wonosobo. Bagaimana aku tidak kaget, biasanya dara bahari aku jumpai di sekitar pantai dan laut..lha kok ini bisa-bisanya ditemukan di pegunungan.

Soalnya wonosobo merupakan dataran tinggi yang jauh dari laut. Pantai terdekat jaraknya sekitar 73 km dan memakan 2 jam lebih untuk hingga disana.

Tadi aku sedang santai dan iseng mengamati ikan di bak belakang rumah sambil berjemur untuk menghangatkan diri (soalnya hari sabtu libur kerja). Tiba-tiba perhatian aku teralihkan ketika melihat sepasang burung yang terbang mendekat di atas rumah saya. Burung tersebut terbang pada ketinggian sekitar 5 meter dari atap rumah.

benar dibentuk kaget oleh kehadiran tamu tak diundang yang sangat tidak umum Ditemukan Dara Laut Biasa di Dataran Tinggi !
Saya tidak sempat mengambil foto, namun kira-kira penampakannya mirip ini

Ketika masih jauh aku tidak sanggup menganali jenisnya, namun ketika sudah agak bersahabat menjadi kagetlah aku alasannya ialah yang aku jumpai ialah dara bahari biasa. Wow....pikiran aku jadi kemana-mana...kok sanggup si burung bahari ini hingga di Wonosobo. Apa ia hilang arah, atau sedang dalam perjalanan migrasi, atau sedang plesir ingin menonton ekspo balon??

Sambil terbang seekor dara bahari sempat bersuara yang bunyinya kira-kira menyerupai...kliit erg kliit erg. Sayangnya sebelum aku sempat mengamati lebih jauh, burung itu sudah menghilang alasannya ialah pandangan aku tertutup bangunan lain.

Kondisi pagi ini ketika aku menjumpai burung itu ialah sebagai berikut.
  • Hari, tanggal: Sabtu, 23 Juni 2018
  • Waktu perjumpaan: 08.25 WIB
  • Cuaca: cerah sedikit berawan
  • Ketinggian: 849 mdpl (diukur dengan aplikasi altimeter)
  • Lokasi perjumpaan: Dusun Madusari, Maduretno, Kalikajar, Wonosobo
  • Individu yang dijumpai: 2 ekor
  • Aktivitas burung: terbang
  • Alat pengataman: tanpa alat

Saya catat di blog ini untuk melawan lupa, dan barangkali suatu ketika ada teman-teman pengamat burung yang menemukan kejadian yang mirip mirip aku maka sanggup dijadikan sebagai data pembanding.

Sampai ketika aku menulis goresan pena ini aku masih terheran-heran..namun aku sungkan untuk mencatat hasil inovasi aku di Burungnesia, aku tulis di blog ini saja lah.

Baca juga: daftar Burung-Burung di Wonosobo

Posting Komentar untuk "Ditemukan Dara Bahari Biasa Di Dataran Tinggi !"