Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerecet Jawa, Burung Terkecil Di Jawa

Cerecet Jawa (Psaltria exilis) yaitu burung terkecil yang ditemukan di Jawa. Burung mini ini berukuran lebih kecil dari burung pipit, dengan panjang badan hanya 8 cm dari ujung paruh sampai ujung ekor. Burung ini sedikit terbantu dengan ekor yang agak panjang sehingga membuatnya nampak tidak terlalu kecil. Besar burung ini kira-kira sama dengan ibu jari orang dewasa.

 yaitu burung terkecil yang ditemukan di Jawa Cerecet Jawa, Burung Terkecil di Jawa
Cerecet jawa

Burung yang mempunyai nama lain pygmy tit ini masih berkerabat bersahabat dengan burung gelatik. Cerecet jawa mempunyai badan yang berwarna coklat kelabu dengan badan bab bawah coklat keputihan. Burung pemakan serangga yang sangat aktif mencari makan dalam kelompok kecil. Kedatangannya biasanya ditandai dengan suaranya yang lembut trrrr-trrrr-trrrr.

Mereka yaitu burung yang cukup langka dan hanya ditemukan di tempat hutan yang masih asri dan jauh dari pemukiman warga. Menyukai habitat dengan ketinggian di atas 1000 mdpl, di hutan-hutan pegunungan.

Beberapa buku wacana burung menyatakan bahwa burung ini yaitu endemik Jawa Barat (hanya ditemukan di Jawa Barat). Namun baru-baru ini juga ditemukan kelompok cerecet jawa di hutan Gunung Ungaran Jawa Tengah. Penemuan ini menjadi data gres yang menandakan bahwa cercet jawa bukanlah burung endemik Jawa Barat. Tempat paling anggun untuk sanggup mengamati burung ini yaitu di Cibodas, Jawa Barat, populasinya di tempat ini kemungkinan lebih banyak dibandingkan tempat lain di Jawa.

Posting Komentar untuk "Cerecet Jawa, Burung Terkecil Di Jawa"