Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Aardvark?

Aardvark (Orycteropus afer) ialah binatang yang mempunyai moncong panjang dan runcing, pemakan semut dan rayap. Dalam bahasa Afrikaans, aardvark berarti babi tanah. Disebut demikian alasannya ialah moncongnya menyerupai babi namun lebih panjang dan juga sering menggali-gali tanah untuk mencari makanannya. Walaupun disebut dengan nama babi, mereka sama sekali bukan kerabat dari babi.

Babi tanah remaja berukuran sekitar 1,5 meter sampai 3 meter dengan berat 38 sampai 58 kg.

 ialah binatang yang mempunyai moncong panjang dan runcing Apa Itu Aardvark?

Babi tanah aktif di malam hari dan mencari makan dengan menggali sarang semut dan rayap di dalam tanah. Mereka mempunyai kuku yang berpengaruh dan tajam untuk menggali tanah dengan cepat, mereka sanggup menggali sedalam 0,5 meter dalam 15 detik.  Dalam semalam mereka bisa memakan sampai 50.000 semut atau rayap dan eksklusif menelannya tanpa mengunyah. Mereka mempunyai pengecap lengket yang sanggup dijulurkan sepanjang 30 cm. Lidah ini dipakai untuk menangkap hewan-hewan kecil makanannya.

Di siang hari binatang ini menghabiskan waktunya di dalam sarang dengan menggulung tubuhnya menyerupai mirip bola. Hewan ini hanya ditemukan di benua Afrika dan merupakan satu-satunya anggota ordo Tubulidentata yang belum punah. Umumnya mereka ditemukan mulai dari Afrika tengah sampai Afrika selatan.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Aardvark?"