Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Zeolit Berdasarkan Perspektif Geologi

Apa itu Zeolit ? - Zeolit yaitu nama kelompok besar mineral yang memiliki sifat atau ciri utama porous, tersusun atas mineral aluminosilikat (struktur dasar mereka saling interloking tetrahedral pada SiO4 dan AlO4) yang mengandung cukup banyak air, serta tingginya kemampuan pertukaran kation. Sifat yang demikian menciptakan zeolit banyak di fungsi kan sebagai materi penyerap.

Baca juga: Pirit Sebagai Mineral Petunjuk Adanya Emas

Nama zeolit bekerjsama berasal dari bahasa Yunani, yaitu "zeo" yang berarti "mendidih", dan "litos" yang berarti "batu". Zeolit diberi nama menyerupai itu sebab ketika kau memanaskannya, maka mereka biasanya melepaskan air dalam bentuk uap.

Zeolit yaitu group mineral dimana ada puluhan mineral dalam group zeolit, diantaranya yaitu natrolite, tschernichite, gmelinite, serta masih banyak lagi lainnya. Kamu bisa melihat daftar mineral zeolit DISINI.

 Zeolit yaitu nama kelompok besar mineral yang memiliki sifat atau ciri utama porous Zeolit Menurut Perspektif Geologi


Pembentukan Zeolit

Mineral Zeolit sering terbentuk melalui interaksi batuan vulkanik, bubuk serta air tanah alkali. Dengan demikian, Kamu sanggup sering menemukan kristal zeolit spektakuler nan sangat indah dalam rongga (vesicle) maupun vugs pada batuan vulkanik menyerupai basalt ( biasanya dalam bentuk amygdules atau rongga berisi kristal zeolit ). Zeolit juga sanggup terbentuk dengan cara mengkristal di cekungan maritim dangkal.

Baca juga: Olivin yaitu Kakak Semua Mineral

Kegunaan Zeolit

Kegunaan mineral zeolit sangat luar biasa untuk menyerap, menahan, melepaskan, serta menukar materi kimia, nutrisi, racun maupun ion yang berbeda sesuai kebutuhan. Berikut ini beberapa manfaat ataupun kegunaan zeolit di beberapa bidang :
  • Pengendalian Pencemaran: Mampu meningkatkan kegiatan biologis, mengurangi volume maupun bau lumpur, mengurangi kadar amonia.
  • Pertambangan: Remediasi tambang melalui perembesan dan retensi logam berat berbahaya serta limbah metalurgi lainnya.
  • Pemupukan: Mampu mencegah leeching dan menahan nutrisi berharga menyerupai amonium nitrat, potasium, magnesium dan kalsium,
  • Hortikultura: Mempertahankan nutrisi lebih usang untuk menurunkan biaya pupuk serta mengurangi leeching unsur hara.
  • Stockfeeds: Mengurangi keracunan amonia, menaikkan kadar nitrogen dalam pupuk, serta membatasi tingkat kelembaban dalam limbah organik.
  • Akuakultura: Mengurangi tingkat amonia di dalam bak dan tangki, sebagai Filtrat air besih di tangki.
  • Gambut: Menghasilkan peningkatan gambut yang signifikan, meningkatkan kadar potassium tanah, meningkatkan secara permanen kapasitas tukar kation di gambut.
  • Vermikultura: Sebagai perangkap nitrogen melalui pertukaran kation, menyerap dan mengikat logam berat, menstabilkan nilai pH; Meningkatkan nilai gizi dari vermicast.

Posting Komentar untuk "Zeolit Berdasarkan Perspektif Geologi"