Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Icp Ialah Alat Pengukur Kandungan Unsur Logam, Ini Pengertian Lengkapnya

Perlu diketahui bahwa ICP yakni sebuah alat atau instrumen analisis kadar. ICP merupakan kependekan dari Inductively Coupled Plasma. Pada prinsipnya pengertian ICP yakni alat untuk mengukur kandungan unsur-unsur logam dalam conto/sampel dengan memakai plasma sebagai sumber energinya. Setiap atom mempunyai beberapa kemungkinan tingkat energi.

Baca juga: Mengenal Manfaat Emas

Transisi elektron dari tingkat energi lebih tinggi ke tingkat energi lebih rendah menghasilkan spektrum yang sesuai dengan hukum dalam mekanika kuantum. Jika sejumlah energi dikenakan pada atom, maka akan tereksitasi dan elektron dari kulit terluar akan pindah ke tingkat energi lebih tinggi dan akan kembali satu tingkat atau lebih ke tingkat energi dasar.

Instrumen (alat ukur) ICP dengan komponennya antara lain sampel introduction system, nebulizer, spray chamber, torch, electric generator optical system, signal processing system, dan spectraling, sanggup menganalisis rentang konsentrasi yang lebar (wide dynamic range concentration) dari ppb hingga % (prosen). Untuk mendapat hasil akurat maka perlu mengkalibrasi kembali setalah n kali pengukuran.

Perlu diketahui bahwa ICP yakni sebuah alat atau instrumen analisis kadar ICP Adalah Alat Pengukur Kandungan Unsur Logam, Ini Pengertian Lengkapnya

Inductively Coupled Plasma (ICP) sanggup menganalisa perconto terhadap mineral untuk mengetahui kadar logam hingga satuan ppb (part per billion) dan ppt (part per trilyun). Metode analisis memakai ICP ini dilakukan untuk perconto yang mempunyai kadar logam yang rendah. Ada 2 tipe ICP yang sering dipakai yaitu:
  1. ICP-AES (Inductively Coupled Plasma-Atomic Emission Spectroscopy)
  2. ICP-MS (Inductively Coupled Plasma-Mass Spectrometry)

Baca juga:  Manfaat Nikel Yang Paling Utama

Inductively Coupled Plasma-Atomic Emission Spectroscopy (ICP-AES) sanggup menganalisis hingga satuan terkecil ppb, sedangkan Inductively Coupled Plasma-Mass Spectrometry (ICP-MS) sanggup menganalisis hingga satuan terkecil ppt.

Posting Komentar untuk "Icp Ialah Alat Pengukur Kandungan Unsur Logam, Ini Pengertian Lengkapnya"