Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#9 Cara Penanggulangan Pencemaran Air

Seperti yang telah banyak orang ketahui, pencemaran air memperlihatkan banyak dampak jelek terhadap manusia, hewan, maupun tanaman yang hidup di lingkungan sekitar. Manusia dan binatang yang tercemar dengan air yang tercemar dapat mengalami gangguan kesehatan. sementara itu, ekosistem yang hidupnya bergantung dengan keberadaan air higienis juga dapat rusak atau terganggu ketika pencemaran air terjadi. Karena hal inilah, setiap pihak harus mempunyai kesadaran untuk melaksanakan banyak sekali upaya penanggulangan pencemaran air.

Berbagai upaya penanggulangan pencemaran air sangat penting untuk dilakukan demi menjaga ketersediaan air higienis untuk memenuhi kebutuhan hidup banyak sekali pihak. Lalu, apa saja hal yang dapat dilakukan? beberapa diantaranya yakni sebagai berikut.

1. Menciptakan jalur hijau untuk mempertahankan area resapan air
Penanggulangan pencemaran air yang pertama yakni dengan melaksanakan upaya untuk mempertahankan area resapan air tanah. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu hal yang dapat dilakukan yakni dengan melaksanakan penghijauan atau reboisasi. Dengan solusi tersebut, akan tercipta jalur hijau yang nantinya bermanfaat menjaga rujukan resapan air. Akhirnya, resiko tragedi ibarat banjir dapat dihindari.

2. Mengelola penggunaan detergen dengan baik
Detergen merupakan salah satu produk yang mengandung banyak zat kimia yang sulit terurai sehingga beresiko menyebabkan pencemaran air. Oleh alasannya itu, dalam memakai detergen untuk mencuci pakaian, ada baiknya Anda mengelola penggunaannya dengan baik. Selain itu, pilih pula detergen yang sisa zat kimianya dapat terurai dengan baik alias ramah lingkungan.

3. Mengolah dan membuang limbah rumah tangga dengan tepat
Mencegah persoalan pencemaran air juga dapat dilakukan dengan menerapkan beberapa kebiasaan baik. Salah satunya yakni dengan mengolah serta membuang limbah rumah tangga dengan tepat. Hindari membuang sampah rumah tangga ke sungai atau danau lantaran hal tersebut dapat mengganggu keberlangsungan ekosistem di lingkungan itu sendiri. Selain itu, kelola sampah dengan baik, contohnya memisahkan sampah organik dan anorganik.

4. Mengganti materi kimia pemberantas hama dengan memanfaatkan musuh alami dan parasitoid
Sebenarnya, produk kimia pemberantas hama ibarat insektisida dan sejenisnya dapat diganti dengan memakai cara alternatif lainnya. Cara alternatif yang dimaksud yakni dengan memakai musuh alami dan parasitoid. Dengan salah satu upaya penanggulangan pencemaran air ini, lingkungan menjadi lebih kondusif dan tidak meninggalkan dampak jelek bagi kesehatan.

5. Mengganti pupuk kimia dengan pupuk organik dan kompos
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi persoalan pencemaran air yakni dengan membatasi penggunaan pupuk kimia. Pupuk kimia merupakan salah satu produk yang mempunyai kandungan nitrat dan fosfat tinggi. Jika dipakai secara berlebihan, zat tersebut dapat memicu pencemaran air. Sebaliknya, memakai pupuk organik atau pupuk kompos akan tetap memperlihatkan efek kesuburan tanah tanpa membuat resiko pencemaran air.

6. Mengolah limbah cair dari industri atau pabrik
Pabrik atau industri merupakan salah satu sumber penyebab pencemaran air. Oleh lantaran itu, mengelola limbah cair yang dialirkan ke sungai atau lainnya yakni hal yang penting untuk diperhatikan. Anda sendiri dapat menetralkan, mengendapkan, atau menyaring limbah tersebut sebelum dialirkan ke sungai, danau, atau bahkan laut.

 pencemaran air memperlihatkan banyak dampak jelek terhadap insan #9 Cara Penanggulangan Pencemaran Air

7. Membuat penampungan limbah (septic tank)
Baik rumah tangga maupun perkantoran harus mempunyai kolam penampungan limbah alias septic tank yang memadai. Dengan begitu, persoalan pencemaran air oleh limbah buangan setiap harinya dapat teratasi. Selain itu, penanggulangan pencemaran air dengan septic tank atau kolam penampungan limbah ini juga perlu diterapkan untuk area khusus ibarat rumah sakit dan daerah peternakan.

8. Menangkap ikan dengan cara alami
Biasanya, orang yang lebih mengutamakan hasil instan dalam mencari ikan akan memanfaatkan materi peledak untuk mendapat banyak hasil tangkapan. Namun, hal ini bukanlah cara yang sempurna lantaran materi peledak mengandung banyak sekali zat kimia berbahaya yang dapat tertinggal di air dan memicu pencemaran air. Anda dapat berkontribusi dalam upaya penanggulangan polusi air dengan memakai cara alami dalam menangkap ikan. Cara alami yang dimaksud dapat memakai jala atau pancing. Dengan begitu, regenerasi ikan dalam berlanjut dengan baik.

9. Membuat perencanaan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan)
Upaya yang terakhir pada bahasan kali ini yakni menerapkan perencanaan AMDAL dengan baik. Upaya ini wajib dipertimbangkan ketika melaksanakan pembangunan berskala besar ibarat pembangunan daerah industri. Dengan mendapat analisis dampak lingkungan dari pembangunan industri tersebut, pihak yang membangun industri terkait dapat menerapkan upaya penanggulangan yang sempurna semoga tidak terjadi pencemaran air.

Itulah beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi persoalan pencemaran air. Dari ulasan mengenai banyak sekali upaya penanggulangan pencemaran air di atas, dapat disimpulkan bahwa ada banyak kebiasaan sepele yang ternyata dapat memperlihatkan dampak signifikan dalam menjaga ketersediaan air yang higienis di lingkungan. Bagaimana berdasarkan Anda?

Posting Komentar untuk "#9 Cara Penanggulangan Pencemaran Air"