Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#4 Tips Cara Memakai Kompas Geologi

Kompas geologi merupakan alat yang berkhasiat bagi andal lapisan batuan. Dalam kompas geologi Anda akan menemukan bundar dalam derajat, clinometer disertai tabung yang dipakai untuk mengukur kemiringan, nivo leveling serta sebuah jarum magnit. Kompas geologi merupakan alat yang sangat penting untuk membantu pekerjaan kita. Adapun cara memakai kompas geologi harus sempurna biar mendapat hasil yang akurat.

Terdapat beberapa cara memakai kompas geologi. Cara penggunaan kompas geologi berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan. Namun sebelum mulai digunakan, terdapat empat hal yang harus Anda pastikan, yakni sebagai berikut:

1. Cek deklanasi dan inklanasi
Deklanasi merupakan jumlah sudut penyimpangan antara utara yang bersama-sama dengan arah utara magnetis. Ukuran deklanasi berbeda-beda di tiap daerah. Cara untuk mengetahuinya ialah melihat salah satu tepi yang terdapat di peta. Ketika Anda memakai kompas geologi di suatu tempat, kompas yang dipakai harus sesuai dengan deklinasi yang berada di lokasi tersebut. Anda sanggup menyesuaikan kompas dengan memutar bundar dengan derajat yang berada di dalam kompas ke kanan ataupun ke kiri.

Pastikan untuk menyesuaikannya dengan arah utara magnetis dan utara sesungguhnya. Poin nol harus diadaptasi dengan indeks pin yang berada di kompas, dan diadaptasi dengan besarnya deklanasi. Sementara itu, inklanasi merupakan situasi saat jarum magnet tidak berada dalam posisi horizontal. Apabila diposisikan secara horizontal, ujung jarum kemudian terkena beling epilog sehingga pembaca kompas sanggup gagal membaca kompas dengan benar. Adapun cara mengubahnya ialah menggeser pemberat yang berada di lengan jarum ke tengah ataupun ke ujung.

2. Lakukan pengukuran untuk mengukur sudut lereng
Sudut lereng sendiri besarnya sanggup diukur dengan penggunaan kompas geologi. Cara memakai kompas geologi untuk mengukur sudut lereng ialah dengan membaca klinometer. Membaca sudut lereng pun sanggup dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  • Mulailah cara memakai kompas geologi dengan membuka kompas hingga kompas membentuk sudut 45°.
  • Peganglah kompas dengan menekuk tangan sebesar 90°.
  • Arahkan ke titik yang diinginkan melalui lubang penglihatan yang dinamakan ‘sighting window’ dan ‘peep sight’.
  • Pastikan titik tersebut sejajar dengan mata.
  • Atur kesejajarannya dengan menggerakkan kompas ke atas ataupun ke bawah.
  • Putar pengatur yang berada di belakang kompas untuk menggerakan klinometer.
  • Gelembung yang berada di nivo lonjong harus sanggup dilihat lewat cermin. Angka yang ditujukan ialah besar sudut lereng yang ditunjukkan oleh klinometer.

3. Lakukan penentuan azimuth (arah)
Azimuth merupakan arah posisi titik yang hendak dituju dari lokasi kita berdiri. Adapun tips cara memakai kompas geologi untuk memilih arah ialah sebagai berikut:
  • Tahap pertama dalam cara memakai kompas geologi ialah pegang kompas setinggi dada atau pinggang.
  • Buka kompas hingga kompas membentuk sudut 135° dan hadapkan kedepan.
  • Putar kompas hingga hingga pada titik yang terlihat dalam tutup kompas dan sejajar atau berhimpit dengan ujung penunjuk ‘sighting arm’ serta garis hitam cermin.
  • Ketika nivo leveling sudah menempati posisi tengah.
  • Catat angka yang ditunjuk pada jarum utara kompas.

4. Lakukan pengukuran kemiringan
Sebelum melaksanakan pengukuran lebih jauh, Anda juga harus memastikan pengukuran kemiringan. Dengan mengukur kemiringan secara tepat, Anda bisa mulai memakai kompas geologi sebagaimana mestinya. Adapun cara penggunaan untuk mengukur kemiringan ialah dengan menaruh permukaan yang mempunyai goresan pena W biar tegak lurus sesuai dengan jurus yang sudah diukur. Atur gelembung hingga gelembung yang berada pada nivo lonjong terletak di tengah. Selanjutnya, baca angka yang berada pada skala clino, dan catatlah angka yang berada disana.


Kompas geologi merupakan alat yang berkhasiat bagi andal  #4 Tips Cara Menggunakan Kompas Geologi
Gambar cara memakai kompas geologi.

Daftar di atas merupakan cara penggunaan kompas geologi yang baik dan benar. Gunakan tahap-tahap di atas biar bisa mendapat hasil pengukuran yang akurat. Pastikan untuk melaksanakan tahap-tahap tersebut dengan perlahan dan hati-hati. Hal ini dikarenakan kesalahan pengukuran sanggup berakibat fatal pada tahap penelitian Anda selanjutnya. Oleh alasannya ialah itu, tidak perlu terburu-buru saat melaksanakan pengukuran dengan kompas geologi, biar Anda sanggup memperoleh hasil yang akurat.

Hal ini terutama dikarenakan cara memakai kompas geologi cukup rumit, terlebih apabila Anda seorang pemula yang belum memahami cara kerja kompas tersebut. Berdasarkan hal tersebut, maka tips pertama ialah pastikan Anda memahami komponen apa saja yang berada dalam kompas geologi.

Selain itu, pahami juga fungsi dari komponen-komponen tersebut dengan baik. Banyaknya komponen yang ada dalam satu kompas cukup membingungkan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu merawat kompas geologi Anda. Apabila tidak dirawat dengan baik, maka dikhawatirkan komponen menyerupai jarum maupun leveling sanggup berubah dan menghasilkan pengukuran yang tidak akurat. Oleh alasannya ialah itu, jangan menaruh kompas geologi pada tempat yang terhimpit ataupun tempat yang kotor.

Posting Komentar untuk "#4 Tips Cara Memakai Kompas Geologi"