Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keunggulan Sig Beserta Manfaatnya

Sistem informasi geografis atau yang sering disingkat menjadi SIG ialah sebuah sistem informasi bersifat khusus yang bisa mengelola data informasi spasial atau mempunyai tumpuan keruangan. Sistem informasi ini juga didefinisikan sebagai sistem komputer yang bisa membangun, menyimpan, mengatur, dan menampilkan informasi dengan tumpuan geografis. Contohnya ialah sebuah data yang dikenali melalui lokasinya di permukaan bumi dan disimpan dalam database. Keunggulan SIG ini sangatlah banyak sehingga banyak orang yang mempelajari dan memanfaatkannya lantaran pemanfaatannya tidak hanya dalam hal geografi. Artikel berikut akan mengulas apa saja keunggulan dari sistem tersebut beserta pemanfaatannya.



1. Pemrosesan Data Memakan Lebih Sedikit Waktu
Keunggulan yang paling terlihat dari sistem ini ialah waktu yang dibutuhkan untuk memproses data spasial sanggup lebih singkat. Hal ini dikarenakan pemrosesan data memakai pemberian komputer. Proses dengan komputer memakan waktu yang jauh lebih singkat dengan proses data manual. Keunggulan SIG tersebut menciptakan hasil yang dibutuhkan juga menjadi lebih cepat didapat.

2. Lebih Fleksibel dalam Visualisasi Data
Pada umumnya data spasial yang dikenal dicetak dalam bentuk peta berskala. Peta tersebut biasanya hanya tersedia dalam bentuk fisik dan tidak sanggup diubah-ubah. Dengan memakai SIG maka visualisasi data sanggup bermacam-macam dan fleksibel. Keunggulan SIG ini dimanfaatkan misalkan untuk menampilkan peta digital pada smartphone. Legenda dari peta tersebut pun akan lebih fleksibel dan bisa dipilih sesuai kebutuhan, sehingga untuk mendapat informasi yang diinginkan tentu akan lebih mudah.

3. Pertukaran Data Spasial yang Lebih Mudah
Sebelum kala sistem informasi digital, pengolahan data spasial jauh lebih kaku dan membutuhkan banyak langkah. Akan tetapi dengan adanya SIG ini proses pertukaran data tersebut menjadi lebih mudah, lantaran sifat data digital yang juga gampang untuk ditransfer terutama via jaringan internet. Data spasial juga sanggup diunduh di aneka macam website forum geografi milik pemerintah, bahkan yang berasal dari luar negeri, ibarat USGS milik Amerika Serikat yang menyediakan aneka macam data spasial dari satelit. Pemanfaatannya misalkan untuk pemetaan titik api pada tempat rawan kebakaran di hutan-hutan di Pulau Sumatera. Dengan keunggulan SIG yang satu ini, maka akan didapatkan data secara cepat dan diinformasikan ke aneka macam pihak juga dengan lebih cepat dan luas.

4. Relatif Lebih Murah dan Cepat
Betul memang apabila alat-alat untuk memproses data spasial digital untuk sistem informasi geografis tergolong mahal, namun investasi ini apabila dibandingkan dengan performa dan fungsionalitas yang didapatkan akan terasa sangat menguntungkan. Sistem informasi geografis memerlukan perangkat keras ibarat digitizer, scanner, komponen olah data berspesifikasi tinggi, sampai alat output data yang tak kalah banyak. Begitu pula dengan perangkat lunak ibarat software olah data ataupun Data Base Management System (DBMS). Tetapi, pada kedepannya dalam pengambilan data akan lebih gampang lantaran memanfaatkan data satelit, data digital, atau data-data lain yang lebih murah dibandingkan dengan melaksanakan survey langsung. Keunggulan dari SIG tersebut sanggup menekan ongkos produksi terutama dalam jangka panjang. Contohnya ialah untuk memprediksi banjir, daripada melaksanakan survey dan penghitungan langsung, akan lebih gampang dan murah dengan memanfaatkan sistem informasi geografis.



5. Pengolahan Data Lebih Akurat dan Praktis
Penggunaan software pengolah data tentunya menciptakan hasil pengolahan data akan semakin akurat. Dibandingkan mengolah data memakai metode manual, perhitungan dengan komputer akan lebih sempurna analisisnya. Hal ini dikarenakan perhitungan komputer nyaris tidak mempunyai kesalahan. Jikapun ada kesalahan, hal itu disebabkan oleh operator ataupun insan yang melaksanakan analisis. Kesalahan-kesalahan tersebut biasanya disebabkan oleh kesalahan dalam penentuan parameter ataupun metode analisis yang digunakan, sehingga hasil analisis menjadi kurang tepat. Kepraktisan juga menjadi keunggulan SIG selanjutnya. Mengolah data dengan komputer dikala ini tentunya sudah tersedia banyak pilihan aplikasi yang sanggup mempersingkat langkah dan waktu dalam mengolah data. Tidak hanya dalam pengolahan data, dalam menampilkan hasil serta kesimpulan data pun lebih simpel sehingga pengambilan keputusan sanggup lebih mudah. Contohnya ialah dalam perencanaan ataupun penilaian sistem transportasi di perkotaan. Mengingat rumitnya rute transportasi, tentu memakai komputer akan mempermudah pengambilan keputusan menurut sistem informasi geografis.

6. Fleksibilitas Format Data
Sistem informasi geografis tentunya melibatkan data digital sebagai belahan tak terpisahkan dalam hal data. Karena sifatnya digital, maka tentunya mendukung aneka macam format untuk selanjutnya dilakukan pengolahan data. Fleksibilitas format data ini menjadikan pengolahan data menjadi mudah. Banyak software pengolah data SIG sudah mendukung fitur export ataupun import sehingga perbedaan format data tidak menjadi problem lagi.

Hal-hal diatas ialah beberapa pola dari keunggulan SIG. Keunggulan-keunggulan tersebut yang menjadikan sistem informasi geografis dipakai dalam aneka macam keperluan. Contohnya ialah prediksi musibah yang real time, penentuan taktik penjualan, sampai pembuatan planning pembangunan.

Posting Komentar untuk "Keunggulan Sig Beserta Manfaatnya"