Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#6 Manfaat Sig Dalam Bidang Lingkungan Hidup

Seperti yang diketahui bahwa ketika ini, informasi lingkungan memang tengah merebak di kalangan masyarakat. Ada banyak hal yang mendasari munculnya permasalahan lingkungan mulai dari perencanaan yang lemah, kurangnya pemantauan kualitas lingkungan, dan lain sebagainya. Salah satu upaya yang sanggup dilakukan untuk meningkatkan kualitas perencanaan lingkungan hidup yaitu dengan memakai SIG atau Sistem Informasi Geografi. Manfaat SIG Dalam Bidang Lingkungan Hidup yaitu hal yang masih absurd di kalangan masyarakat. Karena biasanya, masyarakat hanya mengira bahwa SIG hanya berkaitan dengan pemetaan. Hal tersebut salah alasannya yaitu SIG yaitu ilmu yang saling berkaitan dengan banyak rumpun ilmu lainnya, baik penanggulangan bencana, dunia medis, ekonomi, sosial, tak terkecuali lingkungan hidup.

Inilah Manfaat SIG Dalam Bidang Lingkungan Hidup yang Harus Anda Ketahui
Permasalahan lingkungan yang seringkali terjadi yaitu kerusakan lahan, timbulan sampah dan pengikisan akhir kelalaian manusia. Untuk meminimalisir dampak kerusakan lingkungan tersebut, SIG dimanfaatkan dalam proses perencanaan dan monitoring prediksi permasalahan ihwal lingkungan di masa yang akan datang. Kaitan antara SIG untuk pengelolaan sekaligus pemantauan Lingkungan Hidup memang mempunyai daya tarik tersendiri di mata masyarakat dan para ahli. Pasalnya SIG yaitu sistem informasi yang fungsi utamanya yaitu menyediakan dan mengelola data spasial (informasi keruangan). SIG juga sanggup dikatakan sebagai sistem komputer yang berfungsi untuk menyimpan data, membangun, mengelola serta menampilkan informasi spasial bereferensi geografis menurut lokasi kebumiannya dalam bentuk database. Ada pula yang menyampaikan bahwa SIG merupakan sistem informasi komputer dengan fungsi untuk menyimpan, memasukkan, mengelola, menganalisis serta mengaktifkan data yang mempunyai acuan keruangan.

Agar sanggup beroperasi sebagaimana mestinya, sistem geografis berkaitan dengan banyak komponen mulai dari orang (brain), aplikasi SIG dan data spasial. Orang yang menjalankan sistem informasi ini akan berbagi sekaligus mengoperasikan semua detail yang berkaitan dengan keruangan dan data spasial. Aplikasi SIG akan mengolah data spasial menjadi informasi yang sanggup dibaca oleh banyak orang. Data yang biasanya digunakan dalam SIG yaitu data grafis (raster), data vektor, attribute, atau keruangan. Sementara software yang digunakan dalam acara SIG yaitu ArcView, ArcGis, ARC/INFO, MapInfo, dan lain sebagainya. Kembali lagi ke Manfaat SIG Dalam Bidang Lingkungan Hidup, peranan SIG dalam bidang ini memang tidak sanggup dilepaskan. Hal ini dikarenakan mudahnya insan melihat dan memantau fenomena bumi melalui sudut pandang yang lebih luas memakai SIG.  Untuk lebih jelasnya, berikut ini yaitu beberapa manfaat SIG dilihat dari aspek lingkungan hidup.

1. Manfaat SIG Dalam Bidang Lingkungan Hidup yang pertama yaitu sanggup menawarkan klarifikasi kepada masyarakat terkait dengan lokasi atau tata letak planning acara perjuangan yang mempunyai dampak yang besar terhadap lingkungan. Dengan SIG, Anda sanggup mengetahui nama lokasi, luas lokasi, arahan pos, koordinat dan lain sebagainya secara spasial.

2. SIG juga sanggup menawarkan informasi terbaru yang tidak jauh berbeda dengan dunia nyata. Hal tersebut sangatlah masuk akal mengingat SIG selalu menampilkan data sebagai perencanaan strategis yang up to date.

3. Manfaat SIG Dalam Bidang Lingkungan Hidup selanjutnya yaitu untuk menjelaskan kondisi ruang spasial. Misalkan dalam dokumen lingkungan diharapkan data informasi mengenai luasan permukiman yang terkena dampak kerusakan lingkungan atau lahan, maka Anda sanggup mengetahui luasannya memakai SIG. Hasil pengolahan data memakai SIG tidak akan jauh berbeda dengan kondisi eksisting di lapangan.

4. SIG juga berperan sebagai sarana pengambilan data, mengumpulkan data dan menganalisa data dengan basis pemetaan. Nah, pemetaan inilah yang kemudian akan dijadikan sebagai pertimbangan banyak pemangku kebijakan untuk mengambil keputusan terkait dengan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup di sekitar wilayah yang dikaji. Manfaat SIG Dalam Bidang Lingkungan Hidup.

5. SIG juga sanggup dimanfaatkan untuk menyajikan informasi lapangan atau spasial secara ringkas kepada masyarakat semoga sanggup lebih dipahami. Informasi ini sanggup disajikan dalam bentuk peta ataupun laporan.

6. SIG sanggup membantu para andal lingkungan untuk menganalisis daya tampung dan daya lingkungan hidup yang berkaitan dengan planning teladan ruang suatu wilayah. Manfaat ini memang sangat penting dalam dunia lingkungan. Karena dampak-dampak tersebut, sanggup tersajikan dalam bentuk peta (overlay) data spasial. Sehingga orang awam yang tidak memahami lingkungan ataupun pemetaan pun tetap sanggup membaca dan memahaminya.

Ada berbagai alasan kenapa para andal lingkungan memakai SIG sebagai salah satu aspek penilaiannya. Salah satunya yaitu alasannya yaitu SIG sangat praktis, efisien dan efektif untuk mengelola data lapangan menurut aspek keruangan. Melalui SIG, pihak pemangku kebijakan atau pengevaluasi lingkungan hidup sanggup melaksanakan pemantauan terkini dengan gampang dan cepat melalui keruangan spasial. Demikianlah ulasan mengenai Manfaat SIG Dalam Bidang Lingkungan Hidup, semoga menambah wawasan Anda.

Posting Komentar untuk "#6 Manfaat Sig Dalam Bidang Lingkungan Hidup"