Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Negara India Serta Keuntungannya

India menjadi negara yang cukup terkenal di dunia dengan industri hiburannya yang biasa disebut dengan Bollywood. Dengan ketertarikan masyarakat luas dengan dunia Bollywood, maka tak heran bila isu terkait negara ini pun banyak dicari. India sendiri termasuk negara dengan penduduk yang terbanyak di posisi dua (lihat disini Peta India). Penduduk yang ada di India jumlahnya mencapai 1,26 miliar jiwa dimana lebih banyak didominasi penduduknya yakni beragama Hindu.

Letak Astronomis India

Sistem pemerintahan yang ada di India yakni Republik Federal Parlementer dimana pada sistem pemerintahannya menimbulkan Presiden sebagai kepala negara dan Perdana Menteri yakni kepala pemerintahan. Selain dikenal sebagai negara dengan penduduk terbanyak, India juga dikenal sebagai negara yang luas daerahnya terbesar dengan urutan ketujuh. Luas keseluruhan wilayah India sendiri tercatat 3,28 juta km2. Berikut ini letak astronomis India:
  • Garis lintang: 8 derajat Lintang Utara hingga 37 derajat Lintang Utara.
  • Garis bujur: 68 derajat Bujur Timur hingga 97 derajat Bujur Timur.

India menjadi negara yang cukup terkenal di dunia dengan industri hiburannya yang biasa dis Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara India serta Keuntungannya

Letak Geografis India

Menilik dari segi sejarahnya, India dulunya dijajah oleh Inggris kurang lebih 300 tahun lamanya. Kemudian di tanggal 15 Agustus 1947 India kesannya dapat memperoleh kemerdekaan. Saat itu India masih menjadi satu dengan negara Pakistan. Meski demikian sekarang India sudah berpisah dari negara Pakistan dan ibukota India yakni New Delhi. Berikut ini letak geografis India:
  • Wilayah India utara pribadi berbatasan dengan Cina, Nepal dan Bhutan.
  • Wilayah India selatan pribadi berbatasan dengan negara Sri Lanka serta Samudera Hindia.
  • Wilayah India timur pribadi berbatasan dengan beberapa negara menyerupai Myanmar, Teluk Benggala dan Bangladesh.
  • Wilayah India barat pribadi berbatasan dengan negara Pakistan dan Laut Arab.

Lihat disini tampilan Peta Myanmar, Peta Bangladesh dan Peta China untuk memahami letak geografis India.

Letak Geologis India

Negara India mempunyai iklim tropis serta sub tropis dimana iklimnya dipengaruhi angin Muson. Letak geologis India sendiri sangat berkaitan dengan bentang alamnya. Jika dilihat kembali, maka berikut ini beberapa hal penting perihal alam India yang harus diketahui:
  • Di daerah pegunungan Himalaya di potongan utara, daerah ini terdiri dari dataran tinggi dan juga pegunungan.
  • Di daerah tengah ada dataran rendah Gangga. Daerah ini merupakan daerah di India yang dikenal subur karena dilalui beberapa sungai yakni Sungai Gangga serta Sungai Bharma Putra. Penduduk di daerah tengah India lebih banyak didominasi mempunyai profesi sebagai petani alasannya pertaniannya yang subur dan bagus.
  • India selatan yakni semenanjung. Umumnya daerah selatan ini pegunungan dan perbukitan yang biasa disebut dengan Plato Dekka.
  • Bagian barat dan timur India ada Pegunungan Ghats.
  • Beberapa sungai besar yang kerap dijadikan sebagai transportasi diantaranya Sungai Gangga, Sungai Brahma Putra hingga Sungai Indush.
  • Hutan yang ada di India jenisnya bermacam-macam mulai dari hutan tropis (lihat karakteristik hutan hujan tropis), hutan musim, stepa dan juga sabana yang menimbulkan bentang alamnya kian lengkap.

Keuntungan Letak Geografis India

Melihat dari segi letak astronomis, geografis dan geologis Negara India, maka negara ini punya beberapa laba seperti:

  • India mempunyai banyak sungai dengan luas yang cukup besar menyerupai Sungai Brahma Putra, Sungai Gangga, Sungai Godavari, Sungai Krishna serta Sungai Yamuna (lihat juga sungai terpanjang di benua Asia). Dengan banyaknya sungai ini, maka dapat mengaliri ke banyak wilayah pertanian. Tidak heran bila daerah bersahabat sungai sangat subur tanah pertaniannya. 
  • Kesuburan tersebut menimbulkan India dikenal sebagai pemasok padi, gandum, kentang hingga tebu ke beberapa negara.

Itulah hal-hal penting seputar negara India yang dapat jadi pelengkap isu untuk Anda. Jika berkesempatan berkunjung ke India, maka pastikan untuk mendatangi Taj Mahal yang ikonik.

Posting Komentar untuk "Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Negara India Serta Keuntungannya"