Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Letak Astronomis, Geografis, Dan Geologis Negara Laos Serta Keuntungannya

Setiap negara mempunyai karakteristik yang berbeda dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Karakteristik menyerupai keadaan alam, iklim, dan karakteristik lainnya sangat dipengaruhi oleh letak negara itu sendiri. Karakteristik ini sudah niscaya berbeda antara satu negara dengan negara lain, bahkan meskipun negara-negara tersebut terletak dalam satu kawasan, sebut saja contohnya negara-negara yang berada di daerah Asia Tenggara (lihat disini Peta Laos). Untuk memahami lebih dalam perihal negara-negara tersebut, berikut ini yaitu klarifikasi lengkap perihal negara Laos menurut kondisi letak astronomis, geografis dan geologisnya.

Letak Astronomis Laos

Letak astronomis suatu negara dilihat menurut lokasinya pada garis lintang dan garis bujur. Garis lintang itu yaitu garis yang membagi bumi mulai dari kutub utara sampai kutub selatan. Sedangkan garis lintang yaitu garis vertikal yang membelah bumi dari arah timur barat.

Hampir sama dengan kebanyakan negara lain di Asia Tenggara, Laos juga berada pada garis lintang bab utara dan di wilayah bujur timur. Untuk lebih jelasnya, berikut ini yaitu klarifikasi letak astronomis negara Laos.
  • Berdasarkan letak garis lintangnya, Negara Laos berada pada titik 14°LU - 22°LU.
  • Sedangkan dari garis bujurnya, Laos berada pada 100°Bt-107°BT.

Setiap negara mempunyai karakteristik yang berbeda dan dipengaruhi oleh banyak faktor Letak Astronomis, Geografis, dan Geologis Negara Laos serta Keuntungannya

Letak Geografis Laos

Setelah membahas perihal letak astronomis, tidak lengkap jikalau tidak membahas perihal letak geografis. Letak geografis ini yaitu posisi bumi jikalau dilihat secara nyata. Letak geografis ini biasanya juga ditandai dengan adanya batas fitur-fitur geografi di sekitar atau yang berdekatan, bahkan berbatasan pribadi dengan negara tersebut. Seperti juga pada negara Laos yang tergolong sebagai negara daratan alasannya yaitu berada sempurna di tengah-tengah negara Asia Tenggara lainnya dan masuk ke dalam kelompok negara Indocina. Secara geografis, letak negara Laos bisa dideskripsikan sebagai berikut:
  • Utara: Berbatasan dengan Vietnam dan RRC
  • Selatan: berbatasan dengan Kamboja dan Thailand
  • Barat: Berbatasan dengan Thailand dan Myanmar
  • Timur: Berbatasan dengan Vietnam Selatan

Lihat disini tampilan Peta Vietnam, Peta Kamboja, Peta Thailand dan Peta China untuk memahami letak geografis Laos.

Letak Geologis Laos

Selanjutnya jikalau dilihat dari geologisnya, hampir semua negara di Asia Tenggara terletak di dalam daerah lempeng Eurasia, begitu juga dengan negara Laos. Lempeng Eurasia ini yaitu lempeng yang menyatukan antara Benua Asia dan Eropa. Secara geologis, Laos memang tidak mempunyai wilayah perairan, alasannya yaitu berada di tengah-tengah negara ASEAN (lihat negara-negara yang masuk dalam ASEAN) . Wilayah negara Laos didominasi oleh pegunungan dan perbukitan yang tertutup hutan. Tak hanya itu saja, Laos juga mempunyai lembah sungai yang cukup subur yakni lembah Sungai Mekong. Karena itulah Laos tergolong negara yang subur.

Keuntungan Letak Geografis Laos 

Berdasarkan letak geografisnya yang berada di tengah-tengah negara Asia Tenggara lain memang menawarkan dampak positif sekaligus negatif bagi Laos. Berikut ini yaitu beberapa laba letak geografis negara Laos.

1. Merupakan Negara yang Subur dengan Sumber Mata Pencaharian Bercocok Tanam 
Laos berada di wilayah pegunungan dan perbukitan dengan kondisi tanah yang cukup subur. Belum lagi adanya lembah Sungai Mekong (lihat sungai terpanjang di Asia Tenggara) yang sangat subur sehingga menciptakan lebih banyak didominasi penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, mulai dari padi, jagung, kopi sampai buah-buahan.

2. Hasil Kehutanan Berupa Kayu yang Melimpah
Wilayah pegunungan yang tertutup hutan (lihat ciri ciri hutan hujan tropis) menciptakan Laos menjadi salah satu negara dengan hasil kehutanan yang cukup melimpah. Laos bahkan bisa mengimpor kayu sebagai salah satu sumber penghasilan negaranya.

Itulah tadi klarifikasi lengkap perihal negara Laos, mulai dari letak astronomis, geografis, dan geologisnya serta laba dari letak-letak tersebut. Dengan mengetahui karakteristik negara Laos tersebut bisa menawarkan isu lebih dalam perihal negara-negara di Asia Tenggara.

Posting Komentar untuk "Letak Astronomis, Geografis, Dan Geologis Negara Laos Serta Keuntungannya"