Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Negara Singapura Serta Keuntungannya

Singapura populer sebagai salah satu negara maju yang ada di daerah ASEAN. Selain populer sebagai negara maju dengan keunggulan di aneka macam bidangnya. Negara ini pada awalnya merupakan pecahan dari negara Malaysia yang lalu melepaskan diri dan membentuk negara sendiri. Tak banyak yang tahu wacana kondisi geografis dari negeri yang populer dengan lambang singanya ini. Berikut ini ialah gosip lengkap wacana negara Singapura, mulai dari letak astronomis, geologis dan geografisnya.

Baca juga: Letak Geografis Indonesia

Letak Astronomis Singapura

Sama-sama terletak di wilayah negara tropis yang mempunyai dua musim, baik Indonesia maupun Singapura mempunyai kesamaan alasannya ialah terletak di wilayah astronomi yang hampir mirip. Yang berbeda hanya di garis lintangnya, dimana Indonesia juga terletak di wilayah lintang selatan. Indonesia merupakan satu-satunya negara di ASEAN yang terletak di garis lintang Selatan, sementara negara lain semuanya terletak di wilayah lintang utara. Berikut ini ialah letak astronomis Singapura:
  • Singapura berada pada garis 1°15 Lintang Utara (LU) – 1°30 Lintang Utara (LU)
  • Sedangkan untuk garis bujur, alasannya ialah sama-sama berada di daerah tropis maka Singapura juga terletak di wilayah garis bujur Timur, yaitu 103 derajat 38 Bujur Timur (BT) – 104 derajat Bujur Timur (BT).

Singapura populer sebagai salah satu negara maju yang ada di daerah ASEAN Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Singapura serta Keuntungannya

Letak Geografis Singapura

Letak geografis ialah posisi atau letak suatu wilayah tertentu maupun negeri yang dilihat dari permukaan bumi. Singapura tentu saja mempunyai kondisi geografis yang berbeda dengan Indonesia. Berdasarkan letak geografisnya, letak geografis Singapura dapat digambarkan menyerupai berikut:
  • Di pecahan utara, negara Singapura berbatasan pribadi dengan Johor atau Malaysia.
  • Di pecahan Selatan, negara Singapura berbatasan dengan selat Malaka dan Indonesia yang juga dipisahkan oleh Selat Singapura.
  • Di pecahan Timur Singapura berbatasan dengan Laut China Selatan dan wilayah negara Malaysia
  • Di pecahan barat, Singapura juga berbatasan pribadi dengan negara Malaysia dan Samudera Hindia.

Lihat disini tampilan Peta Malaysia dan Peta Indonesia untuk memahami letak geografis Singapura.

Letak Geologis Singapura

Sedikit berbeda dengan negara Indonesia yang mempunyai karakteristik geologis yang cukup bervariasi, karakteristik geologis negara Singapura tidak begitu bervariasi. Singapura sendiri berada di daerah lempeng Eurasia. Tidak menyerupai di Indonesia yang dilewati oleh rangkaian jalur pegunungan muda, maka Singapura tidak. Lokasi tertinggi di Singapura saja hanya terletak di ketinggian 166m, yaitu bukit Timah.

Baca juga: Letak Astronomis Malaysia

Keuntungan Letak Geografis Singapura

Tidak menyerupai Indonesia yang terletak di wilayah Geografis yang dapat memperlihatkan sumber daya alam yang berlimpah, Singapura bahkan tidak mempunyai kondisi geografis yang dapat menghasilkan sumber daya alam. Namun meskipun demikian, Singapura sangat diuntungkan dengan letak geografisnya yang berada di jalur perdagangan internasional, tepatnya di Selat Malaka. Nah, berikut ini ialah laba letak geografis Singapura yang berada di jalur perdagangan itu.

1. Jalur Perdagangan yang Ramai Menjadi Sumber Ekonomi
Kapal dagang dari aneka macam negara sudah mengakibatkan Singapura sebagai pelabuhan singgah. Karena itulah ekonomi di Singapura juga bergantung pada acara ekspor serta pengolahan barang-barang impor.

2. Destinasi Wisata yang Bervariasi
Meskipun tidak mempunyai wilayah geografis yang bervariasi menyerupai di Indonesia, namun Singapura juga tak kalah mempunyai destinasi wisata yang bervariasi. Hal tersebut alasannya ialah wilayah Singapura yang terdiri dari pulau-pulau kecil dan pulau buatan juga memperlihatkan potensi destinasi wisata yang berbeda bagi para wisatawan.

Setiap negara di dunia niscaya mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, bahkan meskipun berada di satu wilayah. Sama menyerupai negara Singapura. Informasi wacana kondisi dan letak astronomis, geografis dan geologis Singapura di atas biar dapat memperlihatkan perhiasan gosip wacana negara Singapura.

Posting Komentar untuk "Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Negara Singapura Serta Keuntungannya"