Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Negara Thailand Serta Keuntungannya

Dari segi geografis yang berdekatan, tidak heran kalau negara di tempat Asia Tenggara punya banyak kesamaan. Salah satu negara tetangga Indonesia yakni Thailand. Negara ini dikenal sebagai negara yang ekonominya cukup baik di Asia Tenggara. Luas negara Thailand yaitu 510.000 km. Awalnya, negara ini dikenal menjadi wilayah Buddhis dimana terbagi menjadi beberapa bab kerajaan menyerupai Lan Chang, Lanna dan Sukhothai.

Letak Astronomis Thailand

Negara Thailand lokasinya sangat strategis, sama dengan Indonesia. Bahasa yang digunakan masyarakat di kesehariannya yakni bahasa Thai. Meski demikian di beberapa daerah juga kerap memakai bahasa Cina dan Inggris. Letak astronomis Thailand adalah:
  • Pada garis lintang letaknya ada di 5 derajat Lintang Utara hingga 21 derajat Lintang Utara.
  • Pada garis bujurnya, Thailand ada di 97 derajat Bujur Timur hingga 106 derajat Bujur Timur.

Karena letak astronomis ini, maka iklim yang ada di Thailand yakni iklim tropis (lihat ciri-ciri iklim tropis) sama menyerupai Indonesia.

 tidak heran kalau negara di tempat Asia Tenggara punya banyak kesamaan Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Thailand serta Keuntungannya

Letak Geografis Thailand

Wilayah negara Thailand sendiri memang memanjang hingga ke semenanjung Malaya. Negara Thailand merupakan negara terluas dengan urutan ke-52 di dunia. Untuk letak geografis Thailand, yaitu:
  • Di bab utaranya berbatasan dengan negara Laos dan negara Myanmar.
  • Untuk wilayah selatan Thailand berbatasan dengan negara Malaysia.
  • Di bab timur, negara ini berbatasan dengan negara Laos dan negara Kamboja.
  • Bagian barat Thailand berbatasan dengan negara Myanmar.

Lihat tampilan Peta Kamboja, Peta Myanmar, Peta Vietnam dan Peta Malaysia untuk memahami letak geografis Thailand.

Letak Geologis Thailand

Bangkok yakni ibukota dari Thailand. Negara ini mempunyai bentuk permukaan bumi cukup beragam. Pada bab utaranya, kondisi Thailand yakni bergunung-gunung dengan titik tertinggi ada di 2.576 m yakni Doi Inthanon. Berikut ini klarifikasi geologis negara Thailand:
  • Untuk wilayah timur bahari Thailand ada pegunungan Koral dimana dibatasi Sungai Mekong di timurnya.
  • Di tempat tengah negara ini didominasi dengan lembah dari sungai Chao Phraya dimana hampir seluruhnya datar kemudian mengalir menuju Teluk Thailand.
  • Di bab selatannya ada Tanah Genting Kra yakni dataran tersempit yang ada di Thailand.
  • Pada bab utara dan barat Thailand juga ada pegunungan, sedangkan semenanjung Thailand selatan cenderung berbukit hingga ke perbatasan Malaysia.

Wilayah negara Thailand (lihat Peta Thailand) memang dilewati oleh serangkaian baris pegunungan dimana untuk daerah pegunungan terluasnya ada di daerah utara. Panjang total untuk garis pantai di Thailand yakni 2.500 km dimana berafiliasi secara pribadi dengan bahari Andaman. Di sepanjang perairannya, banyak ditemukan pulau yang sudah berpenghuni atau masih kosong. Iklim negara Thailand yakni tropis dimana untuk daerah selatan cenderung mendapatkan curah hujan yang lebih banyak dibanding wilayah lainnya.

Keuntungan Letak Geografis Thailand

Keuntungan letak geografis Thailand sendiri ada cukup banyak, seperti:
  • Thailand mempunyai hampir 300 jenis mamalia di negaranya. Thailand bahkan mengakui kalau negaranya mempunyai keragaman burung yang terbesar di Benua Asia (lihat disini Peta Benua Asia) dimana ada lebih dari 900 spesies hidup di sana.
  • Thailand mempunyai banyak dataran dan pegunungan, maka pertanian yakni kekuatan dari negara ini. Tentu Anda sudah tidak absurd dengan beras Thailand. Bahkan Thailand pun disebut menjadi lumbung beras yang ada di tempat Asia Tenggara alasannya kualitasnya yang elok dan pertanian yang berkembang.

Itulah klasifikasi singkat terkait letak astronomis, geografis dan geologis negara Thailand serta laba yang didapat negara tersebut. Thailand juga dikenal akan pariwisatanya yang sangat maju sehingga jutaan wisatawan selalu berkunjung ke Negeri Gajah Putih ini tiap tahunnya.

Posting Komentar untuk "Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Negara Thailand Serta Keuntungannya"