Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Timor Leste Serta Keuntungannya

Timor Leste atau yang juga dikenal dengan nama Timor Timur yaitu salah satu negara yang dulunya merupakan bab dari negara Indonesia. Setelah melepaskan diri, wilayah ini kemudian mendirikan sebuah negara yang dikenal sebagai Timor Leste. Negara yang tergolong sebagai negara termuda di dunia ini mempunyai wilayah yang juga masih di wilayah negara Indonesia (lihat disini peta Timor Leste).

Karakteristik negara Timor Leste atau Timor Timur ini tidak jauh berbeda dengan negara Indonesia (lihat juga letak astronomis Indonesia). Lalu bagaimanakah karakteristik negara Timor Timur ini? Berikut ini yaitu klarifikasi lengkap perihal negara Timor Leste mulai dari letak astronomis, geografis dan geologisnya.

Letak Astronomis Timor Leste

Secara astronomis, suatu wilayah dapat dilihat dari posisinya pada garis bujur dan garis lintang. Letak negara menurut kedua garis ini nantinya dapat menjadikan terjadinya perbedaan waktu dan kondisi iklim (lihat pengertian iklim) di suatu negara tersebut. Sebut saja contohnya di Indonesia yang terletak pada dua garis bujur menciptakan Indonesia mempunyai wilayah waktu yang bervariasi. Hal ini jugalah yang berlaku pada Timor Leste. Secara astronomis, Timor Leste atau Timor Timur berada pada posisi sebagai berikut:
  • Berdasarkan garis lintang, Timor Leste berada pada 8° LS – 10° LS
  • Sedangkan menurut garis bujurnya, Timor Leste berada pada 124° Bt -127° 30’ BT

Timor Leste atau yang juga dikenal dengan nama Timor Timur yaitu salah satu negara yang d Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Timor Leste serta Keuntungannya

Letak Geografis Timor Leste

Selain dilihat menurut garis yang membagi bumi menjadi bab utara dan selatan serta timur dan barat atau dikenal dengan letak astronomis, suatu negara juga dapat dilihat menurut kenampakan nyatanya di bumi. Kenampakan positif suatu negara di bumi inilah yang dikenal dengan letak geografis. Jika dilihat dari geografis atau menurut letak geografisnya, negara Timor Leste dibatasi oleh beberapa fitur geografis dan berbatasan pribadi dengan negara lain menyerupai yang dijelaskan di bawah ini.
  • Utara: berbatasan pribadi dengan Selat Banda, Pulau Wetar, dan Pulau Alor di Indonesia
  • Selatan: Berbatasan dengan negara Australia dan Selat Timor
  • Barat: berbatasan dengan Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur
  • Timur: berbatasan dengan Kepulauan Leti

Lihat disini tampilan Peta Indonesia dan Peta Australia untuk memahami letak geografis Timor Leste.

Letak Geologis Timor Leste

Karena terletak di satu daerah dengan Indonesia, letak geologis Timor Leste juga tidak jauh berbeda dengan letak geologis di Indonesia. Indonesia yang terletak diantara beberapa formasi pegunungan, lempengan bumi dan dangkalan yang berbeda juga dapat dilihat dari negara Timor Leste. Negara Timor Leste dilewati oleh rangkaian pegunungan Sirkum Pasifik. Untuk posisi lempeng (lihat teori lempeng tektonik), Negara Timor Leste berada pada lempeng Indo-Australia dan Lempeng eurasia. Indonesia yang dilalui oleh 3 dangkalan, yaitu dangkalan sahul, Dangkalan Sunda dan daerah bahari pertengahan. Untuk wilayah negara Timor Leste sendiri berada di daerah Dangkalan Sahul.

Keuntungan Letak Geografis Timor Leste

Negara Timor Leste yang mempunyai luas wilayah 14. 874 km2 mempunyai letak geografis yang hampir menyerupai dengan Indonesia. Dilalui banyak deret pegunungan, negara Timor Leste mendapat laba dari letak geografisnya ini, yaitu diantaranya:

1. Memiliki Padang Sabana yang Luas
Sama menyerupai di beberapa daerah di Indonesia, terutama di wilayah Nusa Tenggara, yang mempunyai karakteristik berupa padang sabana yang cukup luas, begitu pun dengan Timor Leste. Padang sabana ini juga menawarkan keanekaragaman tanaman dan fauna yang berbeda dengan negara lain.

2. Hasil Tambang Melimpah
Keuntungan lain dari letak geografis Timor Leste yaitu melimpahnya hasil tambang yang dihasilkan. Sebut saja contohnya marmer (lihat disini jenis marmer), perak dan emas yang banyak dijumpai di negara ini. Karena itu roda perekonomian Timor Leste juga bergantung pada hasil tambangnya.

Nah teman geologinesia, itu tadi klarifikasi lengkap perihal negara Timor Leste. Semoga dapat menawarkan gosip lengkap untuk Anda.

Posting Komentar untuk "Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Timor Leste Serta Keuntungannya"