Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Negara Australia Serta Keuntungannya

Australia, siapa yang tidak mengenal negara yang terkenal dengan binatang kangurunya ini. Negara Australia ini ialah salah satu negara yang bersahabat dengan Indonesia secara geografis. Terletak di belahan bumi selatan dan berada di bab timur bumi, negara Australia mempunyai karakteristik yang membedakannya dengan negara lain, bahkan Indonesia yang tergolong cukup dekat. Berikut ini ialah klarifikasi perihal letak geografis dan astronomis dari negara Australia beserta keuntungannya. Untuk memahami Australia, lihat disini secara lengkap Peta Benua Australia.

 siapa yang tidak mengenal negara yang terkenal dengan binatang kangurunya ini Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Australia serta Keuntungannya

Letak Astronomis Australia

Yang pertama harus diketahui ketika mempelajari sebuah negara ialah letak astronomisnya. Letak astronomis ini ialah letak atau posisi suatu negara dilihat menurut posisi negara tersebut pada garis lintang dan garis bujur. Letak astronomis inilah yang nantinya memilih iklim, cuaca bahkan kondisi sosial budaya masyarakatnya. Secara astronomis, Australia terletak pada posisi sebagai berikut:
  • Karena terletak di belahan bumi bab selatan maka posisi negara Australia pada garis lintang terletak pada titik antara 10°41’ LS (Lintang Selatan) - 43°39’ LS (Lintang Selatan).
  • Sudah dijelaskan sebelumnya jikalau Australia berada di bab timur bumi, dengan begitu posisi Australia pada garis bujur ialah berada antara 113°9’ BT (Bujur Timur) - 153°39’ BT (Bujur Timur).

Letak Geografis Australia

Letak geografis suatu negara adalah posisi suatu negara dilihat secara kasatmata di bumi. Selain dilihat dari posisi atau letaknya secara kasatmata di bumi, letak geografis biasanya juga ditandai dengan adanya batas fitur geografi yang ada di bumi ataupun wilayah atau kawasan yang paling bersahabat maupun berbatasan pribadi dengannya. Untuk letak geografis Australia sendiri berada di bab bumi selatan dan berada di antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Secara geografis, Australia juga sanggup dilihat menurut batas-batas daerahnya sebagai berikut:
  • Utara : berbatasan pribadi dengan bahari Timor, Laut Arafuru, Selat Flores dan Papua Nugini
  • Selatan: berbatasan pribadi dengan Samudera Hindia
  • Timur: samudera Pasifik, Laut Tasman dan Laut Koral
  • Barat: Samudera Hindia

Lihat disini tampilan Peta Indonesia dan Peta Papua Nugini untuk memahami letak geografis Australia.

Letak Geologis Australia

Berdasarkan letak geologisnya, Australia berada pada barisan pegunungan Great Dividing range yang memanjang dari kawasan Tanjung York sampai Pulau Tasmania. Rangkaian pegunungan yang dimaksud ini terdiri dari Pegunungan Alpen dan Pegunungan New England Range dengan puncak tertingginya berada di Gunung Kosciusco.

Sedangkan di bab barat, geologis Australia terdiri dari dataran tinggi yang sering disebut dengan Perisai Australia. Namun, sebagian besar wilayah tengah dan barat Australia didominasi oleh gurun pasir besar yang terkenal, yaitu Gurun Gibson dan Gurun Victoria (lihat disini gurun terluas di dunia).

Diantara barisan pegunungan plato barat dan pegunungan timur itu, terdapat sebuah lembah dan dataran rendah serta rangkaian kerikil karang yang juga menjadi ciri khas dari Australia. Lembah yang dimaksud itu ialah Lembah Murray-Darling sedangkan dataran rendahnya ialah dataran rendah Danau Eyre. Rangkaian terumbu karang yang menjadi pelindung Australia dari imbas gelombang itu terkenal dengan nama Great Barrier Reef.

Keuntungan Letak Geografis Australia

Dengan kondisi geografis yang sudah disebutkan di atas, tentu memperlihatkan laba tersendiri bagi Australia. Keuntungan itu antara lain:

1. Kondisi Alam yang Bervariasi
Kondisi alam di Australia cukup bermacam-macam mulai dari dataran tinggi, dataran rendah, gurun dan pegunungan. Bisa dibilang kondisi alam di Australia mempunyai ciri khas dan keunikan yang sanggup dijadikan sebagai destinasi wisata.

2. Keanekaragaman Flora dan Fauna
Pengaruh kondisi geografis Australia juga menghipnotis keragaman tanaman dan fauna. Flora di Australia didominasi oleh Stepa dan Sabana. Sedangkan faunanya didominasi oleh tipe fauna menyerupai Kanguru, Koala dan Burung Unta.

Posting Komentar untuk "Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Negara Australia Serta Keuntungannya"