Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Negara Turki Serta Keuntungannya

Negara Turki menjadi salah satu negara yang amat populer dengan wisatanya. Bahkan beberapa tahun belakangan ini sudah ada jutaan wisatawan dari seluruh dunia yang berkunjung ke Turki. Hal ini tentu sebab keindahan alam dan bangunan yang ada di sana dimana merupakan adonan dari kultur Eropa dan juga Timur Tengah. Beberapa destinasi wisata di Turki yang amat dikenal di dunia diantaranya Blue Mosque, Cappadokya hingga Topkapi Palace (lihat disini tampilan terperinci Peta Turki).

Letak Astronomis Turki

Turki di dalam bahasa Inggris yaitu "Turkey" yakni negara yang ada di daerah Eurasia. Ya, negara ini ada di benua Eropa dan benua Asia (lihat disini Peta Benua Eropa dan Peta Benua Asia). Tidak heran jikalau Turki disebut dengan negara Trans-kontinental atau transbenua. Berikut ini letak astronomis Turki:
  • Dari segi garis lintangnya, Turki berada di 33 derajat Lintang Utara hingga 43 derajat Lintang Utara.
  • Dari segi garis bujurnya, Turki berada di 25 derajat Bujur Timur hingga 45 derajat Bujur Timur.

Negara Turki menjadi salah satu negara yang amat populer dengan wisatanya Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Turki serta Keuntungannya

Letak Geografis Turki

Negara Turki mempunyai wilayah yang cukup besar yakni dengan luas mencapai 783.562 km2. Untuk sistem pemerintahan yang ada di Turki yaitu menganut Republik Parlementer dimana kepala negaranya yaitu Presiden dan untuk kepala pemerintahan yaitu Perdana Menteri. Tercatat penduduk Turki ketika ini yaitu 80.274.604 jiwa dengan dominan penduduk memeluk agama Islam. Berikut ini letak geografis Turki:
  • Di kepingan Barat Daya, negara Turki berbatasan pribadi dengan negara Bulgaria.
  • Di kepingan Barat, negara Turki berbatasan pribadi dengan negara Yunani serta Laut Aegea.
  • Di kepingan Timur serta Timur Laut, negara Turki berbatasan pribadi dengan negara Suriah dan negara Irak.
  • Di kepingan Selatan, negara Turki berbatasan pribadi dengan Laut Mediterania.
  • Di kepingan Utara, negara Turki berbatasan pribadi dengan Laut Hitam.

Letak Geologis Turki

Wilayah Turki sendiri terbentang mulai dari semenanjung Anatolia di kepingan Asia Barat Daya hingga wilayah Balkan di benua Eropa kepingan Tenggara. Berikut ini beberapa hal penting ihwal letak geologis Turki:
  • Turki wilayah Asia dan Turki wilayah Eropa terpisah oleh Laut Marmara, selat Bosporus dan selat Dardanella (baca mengenai apa itu selat).
  • Kondisi alam di Turki sendiri dominan berupa pegunungan dimana ada dua pegunungan utama yang melintas dari timur ke barat. Pada kepingan utara ada Pegunungan Anatolia Utara yang mengikuti daerah pantai Laut Hitam. Sedangkan di kepingan selatan ada Pegunungan Taurus dimana mengikuti pantai Laut Mediterania.
  • Di Turki juga ada dataran tinggi (lihat ihwal manfaat dataran tinggi) yang utama yakni dataran tinggi Anatolia dimana letaknya yaitu di antara Pegunungan Taurus dan Pegunungan Anatolia Utara.
  • Ada beberapa sungai yang populer di Turki yakni sungai Sakarya dan Sungai Kizil Irmak (lihat mengenai sungai terpanjang di dunia) dimana mengalir lewat Turki Asia menuju ke Laut Hitam.
  • Di Turki juga ada beberapa danau terbesar yang banyak dikunjungi wisatawan takni Danau Van dan juga Danau Tuz dimana keduanya yaitu danau asin.

Keuntungan Letak Geografis Turki

Berdasarkan letak astronomis, geografis dan juga geologis dari negara Turki, berikut ini beberapa manfaatnya untuk negara ini:
  • Sebagian negara Turki ada di benua Asia dan sebagian lagi ada di benua Eropa sehingga menyebabkan perdagangan di Turki amat berkembang sebab dapat mempunyai pasaran di dua benua.
  • Laut Marmara, selat Bosporus dan selat Dardanella menjadi pemisah kepingan Turki di dua benua dimana daerah ini yaitu jalur maritim tersibuk dan juga potensial untuk jalur dagang dunia.

Itulah ulasan singkat ihwal negara Turki dan kondisi alamnya. Tentunya dengan adanya ulasan ini maka pengetahuan Anda ihwal negara Turki pun makin bertambah.

Posting Komentar untuk "Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Negara Turki Serta Keuntungannya"