Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Arab Saudi Serta Keuntungannya

Arab Saudi populer dengan sentra ibadah umat muslim alasannya mempunyai Mekkah dan Madinah yang dijadikan sebagai tempat melaksanakan ibadah haji bagi umat muslim sedunia. Arab Saudi masih berada dalam daerah Benua Asia (lihat Peta Benua Asia), lebih tepatnya di bab Timur Tengah.

Arab Saudi sangat populer di kalangan masyarakat dunia alasannya beberapa hal. Diantaranya yaitu sebagai negara penghasil minyak bumi terbesar dunia, merupakan negara tempat lahirnya Nabi Muhammad SAW, dan tempat pertama di dunia dimana agama Islam lahir. Untuk mengenal kondisi negara Arab Saudi lebih dalam, Anda perlu mengetahui lebih dulu wacana letak astronomis dan geografisnya.

Letak Astronomis Arab Saudi

Arab Saudi memang dikenal sebagai negara yang istimewa terutama dilihat dari kondisi perekonomiannya alasannya mempunyai sumber daya alam minyak bumi yang sangat melimpah. Keadaan wilayah Arab yang istimewa tentu tak lepas dari kondisi letak astronomisnya. Letak astronomis Arab Saudi menurut garis lintang dan garis bujurnya yaitu sebagai berikut:
  • Berdasarkan garis lintangnya, Arab Saudi terletak pada 15° LU - 32°LS
  • Berdasarkan garis bujurnya, Arab Saudi terletak pada 34° BT - 57° BT

Dalam letak astronomis Saudi Arabia terdapat garis lintang utara dan lintang selatan, sehingga wilayah Arab dilalui oleh garis khatulistiwa, tapi tidak dilalui oleh garis meridian. Berdasarkan letak astronomisnya, sebagian besar wilayah di Arab Saudi mempunyai kondisi iklim yang tropis.

Arab Saudi populer dengan sentra ibadah umat muslim alasannya mempunyai Mekkah dan Madinah yan Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Arab Saudi serta Keuntungannya

Letak Geografis Arab Saudi

Selain letak astronomisnya, sangat penting untuk mengetahui kondisi atau letak geografisnya semoga Anda sanggup tahu negara-negara apa saja yang berbatasan dengan Arab Saudi. Negara yang berbatasan dengan Arab Saudi ini tentunya mempunyai efek besar untuk sosial dan budaya masyarakatnya. Kebanyakan negara Arab berbatasan dengan negara-negara tetangga sebagai berikut:
  • Dari sebelah utara berbatasan dengan Negara Iran, Yordania dan Kuwait
  • Dari sebelah selatan berbatasan dengan Negara Yaman dan Oman
  • Dari sebelah barat berbatasan dengan Laut Merah, dan
  • Dari sebelah timur berbatasan dengan Teluk Persia, Qatar dan Bahrain, dan Uni Emirat Arab

Lihat disini tampilan Peta Qatar dan Peta Bahrain untuk memahami letak geografis Arab Saudi.

Kondisi geografis di Arab Saudi mempunyai bentang alam yang sebagian besar terdiri dari gurun dan padang pasir. Oleh alasannya itu hanya flora palem ibarat kurma dan kaktus yang sanggup tumbuh dan bertahan hidup. Karena kondisi daerahnya sangat jarang terdapat flora hijau yang rindang, tak heran kalau iklimnya cenderung panas.

Letak Geologis Arab Saudi

Perlu diketahui bahwa letak geografis berbeda dengan letak geologis. Letak geologis ditentukan menurut susunan batuanyang ada di bumi. Berdasarkan letak geologisnya, Arab Saudi terbagi ke dalam dua wilayah yaitu bab barat dan bab timur. Kedua wilayah tersebut mempunyai kondisi geologis yang berbeda (lihat juga letak geologis indonesia).

Kondisi geologis Arab Saudi sebelah barat terdiri dari batuan yang terbentuk dari kristalisasi magma semenjak zaman pra-kambrium. Sedangkan kondisi geologis Arab sebelah timur terdiri dari batuan yang berasal dari endapan lapisan dasar magma yang kompleks.

Keuntungan Letak Geografis Arab Saudi

Letak geografis Arab Saudi menunjukkan laba untuk perekonomian masyarakatnya. Beberapa sumber daya alam yang terdapat di wilayah Arab Saudi yaitu gas alam, minyak bumi, tambang logam, emas, tembaga, dan bijih besi. Sumber daya alam yang paling mayoritas yaitu minyak bumi, sehingga tak heran kalau Arab dikenal sebagai penghasil minyak bumi terbesar di dunia (lihat juga daerah penghasil minyak bumi di Indonesia).

Itulah beberapa isu mengenai letak astronomis, geografis, geologis beserta keuntungannya. Karena semua keistimewaan yang ada di Arab Saudi tak lepas dari pengaruhi kondisi alamnya.

Posting Komentar untuk "Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Arab Saudi Serta Keuntungannya"