Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Negara Brazil Serta Keuntungannya

Negara Brazil cukup populer dengan banyak sekali aspek, salah satunya yaitu mempunyai keadaan alam yang cukup menguntungkan. Salah satunya yaitu terdapat sungai Amazon yang sanggup menghipnotis kondisi alamnya menjadi subur. Maka dari itu, Negara Brazil mempunyai banyak hutan tropis yang ditumbuhi oleh flora yang sangat beragam. Karena sebagian besar wilayah di Brazil mempunyai hutan yang lebat, maka kondisi iklim di sebagian besar daerahnya yaitu iklim tropis.

Letak Astronomis Brazil

Negara Brazil mempunyai luas yang mencapai 8.511.970 dan menempati posisi ke lima sebagai negara terluas di dunia sesudah Rusia, Amerika, Cina, dan Kanada. Letak astronomis Brazil ditentukan oleh garis lintang dan garis bujurnya, berikut yaitu penjelasannya:
  • Berdasarkan garis lintangnya, Brazil terletak diantara 5°16 LU - 33°45 LS
  • Beradasarkan garis bujurnya, Brazil terletak diantara 46°45 BB - 74°03 BB

Brazil mempunyai kondisi alam yang sebagian besar terdiri dari lembah sungai dan daratan tinggi. Hal ini dikarenakan wilayah Brazil yang terbentang dari garis khatulistiwa sampai ke garis balik selatan.

Wilayah Brazil juga mempunyai tempat yang panas di sebelah timurnya namun tempat ini tidak ditempati oleh penduduk. Penduduk di wilayah Brazil mayoritas menempati di tempat dataran tinggi yang dikelilingi oleh hutan-hutan tropis.

Negara Brazil cukup populer dengan banyak sekali aspek Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Brazil serta Keuntungannya

Letak Geologis Brazil

Dataran tinggi di Negara Brazil tersusun dari bebatuan geologis kuno yang cenderung naik sebab diakibatkan oleh gaya tektonik. Brazil mempunyai lima pembagian wilayah yaitu dataran rendah di Amazon, dataran tinggi di Guyana, tempat pantanal di serpihan tengah, dan dataran tinggi Brazil serta dataran rendah yang bersahabat dengan Samudera Atlantik (lihat juga letak geologis Indonesia).

Letak Geografis Brazil

Berdasarkan kondisi geografisnya, Brazil merupakan negara terbesar dan terluas di Benua Amerika Selatan. Selain itu Brazil juga dikenal sebagai negara yang mempunyai hutan hujan tropis terbesar di dunia. Hutan hujan tersebut yaitu Amazon. Brazil berbatasan dengan beberapa negara, berikut yaitu keterangannya:
  • Di sebelah utara, Brazil berbatasan dengan Venezuela, Guyana, Suriname
  • Di sebelah selatan, Brazil berbatasan dengan Uruguay, Paraguay, dan Argentina
  • Di sebelah barat, Brazil berbatasan dengan Kolombia, Bolivia, dan Peru
  • Di sebelah timur, Brazil berbatasan dengan Samudera Atlantik

Lihat disini tampilan terperinci Peta Brazil dan Peta Argentina untuk memahami letak geografis Brazil.

Dengan kondisi geografis alamnya yang strategis sebab terletak di garis khatulistiwa, Brazil mempunyai sumber daya alam melimpah yang berasal dari hutan hujan tropis tersebut (lihat negara dengan sumber daya alam terbesar di dunia). Banyak sekali aneka flora dari hutan yang sanggup dijadikan sumber perekonomian negara tersebut.

Keuntungan Letak Geografis Brazil

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sebab Brazil terletak di sekitar garis khatulistiwa, maka akan sangat menguntungkan sebab mempunyai tempat yang subur, salah satunya hutan Amazon. Dari hutan-hutan yang ada Brazil sanggup memanfaatkan hasil hutan untuk dijual. Berikut yaitu beberapa laba dari letak geografis Brazil:

1. Kaya akan sumber daya alam hayati
Sumber daya alam hayati yang banyak terdapat di wilayah Brazil yaitu banyak sekali pepohonan menyerupai kayu putih, karet, dan jenis pohon lainnya. Untuk itu kayu yang dihasilkan dari hutan Brazil mempunyai kualitas yang tinggi di pasaran.

2. Memiliki sektor pertambangan yang melimpah
Selain kaya akan sumber daya alam hayati, Brazil juga mempunyai sektor pertambangan yang sangat melimpah. Jenis tambang yang dihasilkan yaitu watu mulia, bijih besi, emas, dan lain-lain.

Brazil, selain populer dengan hutan Amazon-nya, negara tersebut juga populer sebagai penghasil kopi berkualitas terbesar di dunia. Demikianlah isu terkait dengan letak geografis, astronomis, geologia, dan kondisi alam Brazil serta pengaruhnya terhadap sektor ekonomi yang menguntungkan.

Posting Komentar untuk "Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Negara Brazil Serta Keuntungannya"