Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Gelombang Maritim Dan Proses Terjadinya

Gelombang bahari adalah gerakan air secara osilasi yang dicirikan oleh naik turunnya permukaan air laut. Gelombang bahari memiliki panjang, tinggi periode, kecepatan, energi dan lain-lain dan terbentuk akhir adanya dampak angin, gempa bumi, gunung api bawah laut, longsoran, kapal, dan acara insan lainnya.

Perbedaan fundamental antara getaran dengan gelombang yaitu sifat gelombang akan selalu bergerak memindahkan massa air dan bergerak dari sumber atau sentra gelombang ke arah yang lebih jauh sedangkan getaran tidak memindahkan massa air. Sifat gelombang tergantung pada waktu dan kecepatan angin yang menciptakan gelombang serta posisinya.

Baca juga: Jenis-Jenis Pasang Surut Air Laut dan Cara Pengambilan Datanya

Semakin usang gelombang bergerak maka semakin besar pula gelombang itu sampai mencapai batas maksimumnya dan begitu pula kecepatan angin yang tinggi serta besarnya tenaga pelopor gelombang maupun keterbukaan muka bahari sanggup menjadikan terjadinya panjang gelombang besar. Berdasarkan pada kedalaman lautnya maka gelombang sanggup dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

A. Gelombang Laut Dangkal
Adalah suatu gelombang dimana panjangnya lebih besar daripada kedalaman airnya. Kecepatan rambat dari gelombang tersebut sanggup dicari dengan memakai rumus:

 gerakan air secara osilasi yang dicirikan oleh naik turunnya permukaan air bahari Jenis-Jenis Gelombang Laut dan Proses Terjadinya
dimana : g merupakan gravitasi bumi dan h yaitu kedalam air. Semakin usang dan cepat angin bertiup menjadikan panjang dan tinggi gelombang akan semakin besar. Semakin besar jarak yang dilalui gelombang tanpa rintangan maka semakin besar panjang gelombang.

B. Gelombang Laut Dalam
Gelombang bahari dalam dengan panjang gelombang lebih kecil daripada kedalaman perairan merupakan gelombang pendek. Kecepatan gelombangnya dihitung dengan memakai rumus:

 gerakan air secara osilasi yang dicirikan oleh naik turunnya permukaan air bahari Jenis-Jenis Gelombang Laut dan Proses Terjadinya
dimana : T yaitu periode, g yaitu grafitasi, dan nilai konstanta sebesar 3,14.

Baca juga: Jenis-Jenis Arus Laut dan Proses Terjadinya

Tibanya gelombang di pantai akan terdiri dari beberapa bagian, yaitu:
  1. Shoaling wave zone, yaitu zona dangkal gelombang atau build up.
  2. Breaker zone, yaitu zona pecahnya gelombang sebelum datang di darat.
  3. Surf zone, yaitu zona sesudah gelombang pecah.
  4. Swash, yaitu gelombang datang di darat.
  5. Back Swash, yaitu hempasan gelombang dari darat kembali ke laut.

Pergerakan gelombang secara terus menerus usang kelamaan akan mengalami perubahan arah akhir gangguan angin pulau atau arus pantai dan gelombang balik. Perubahan ini sanggup berupa refleksi, refraksi, dan difraksi.
  1. Refleksi; merupakan gelombang yang datang tegak lurus terhadap garis pantai atau datang pada pantai yang cekung  dan terpantul kembali.
  2. Refraksi; merupakan gelombang yang mendekati pantai dan mengalami pembelokan arah pertama kalau arah gelombang miring terhadap garis pantai atau gelombang datang relatif searah ujung memanjang pulau.
  3. Difraksi; merupakan gelombang yang terpisah-pisah (memencar) akhir terhalang oleh barrier atau pulau-pulau.

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Gelombang Maritim Dan Proses Terjadinya"