Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Identifikasi Burung Dari Suaranya

Saat kita berjalan-jalan di taman atau di hutan untuk mencari burung, seringkali kita mendengar bunyi burung dimana-mana namun tidak melihat burung dimana-mana. Burung kadang bersembunyi di baalik rimbunnya dedaunnan sehingga terkadang lebih gampang mendengar suaranya daripada melihatnya langsung. Dalam keadaan menyerupai ini buku panduan tidak sanggup membantu seorang pengamat untuk mengidentifikasi jenis burung.

Setiap burung mempunyai bunyi nyanyian yang berbeda-beda yang sanggup dijadikan sebagai ciri untuk identifikasi jenis. Namun, identifikasi burung dari suaranya lebih sulit daripada identifikasi secara visual. Membutuhkan ketelatenan untuk menghafalkan setiap bunyi burung yang kita dengar. Terkadang satu jenis burung mempunyai variasi bunyi yang cukup banyak, hal ini akan menambah kesulitan dalam identifikasi. Karena sulitnya inilah, dalam perlombaan-perlombaan pengamatan burung identifikasi dari bunyi kebanyakan tidak diperbolehkan. 

Burung Prenjak mempunyai bunyi khas yang menjadi salah satu tanda pengenalnya

Namun sulit bukan berarti tidak sanggup dipelajari, semua sanggup dipelajari, hanya membutuhkan ketelatenanan saja. Berikut ini ialah beberapa tips dalam mengenal dan mempelajari bunyi nyanyian burung, sehingga kau sanggup mengidentifikasi burung dari suaranya.

Hapalkan dulu bunyi nyanyian burung yang umum di sekitarmu
Kita akan lebih gampang menghapalkan bunyi yang sering kita dengar dibandingkan bunyi yang jarang kita dengar. Mulailah latihan dengan menghapalkan bunyi nyanyian burung-burung yang banyak di sekitar kita menyerupai bunyi burung gereja, bondol, ataupun burung cinenen. Setelah kau hapal suaranya dan sanggup mengidentifikasinya hanya dari suaranya, lanjutkan latihanmu dengan burung-burung lainnya.

Fokus pada satu bunyi burung
Terkadang ketika pengamatan dan kita mendengar berbagai bunyi burung, kita menjadi gundah bunyi burung apa sajakah itu. Jangan buang energy kalian untuk mendengarkan semua bunyi tersebut tapi fokuslah pada satu bunyi saja. Fokus pada bunyi itu, dengarkan baik-baik dan carilah burungnya untuk mengetahui bunyi burung apa itu. Atau jikalau kau didampingi oleh seorang ahli, kau sanggup bertanya kepadanya bunyi burung apakah itu? Ini tentu lebih mudah.

Mendengarkan bunyi nyanyian burung dari rekaman
Saat ini banyak website yang menyediakan bunyi nyanyian burung yang sanggup didownload. Dengan adanya akomodasi ini kau sanggup berlatih medengarkan setiap bunyi dengan memakai gadget yang kita miliki.

Telaten dalam mendengarkan
Hal terakhir yang perlu diperhatikan ialah ketelatenan. Apapun kesulitan yang kau hadapi dalam menghapalkan bunyi nyanyian burung, sanggup diselesaikan dengan ketelatenan. Bisa alasannya ialah biasa itu kata pepatah tua.

Posting Komentar untuk "Belajar Identifikasi Burung Dari Suaranya"