Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nilai Penting Burung

Burung, binatang terbang  unik yang menjadi pandangan gres banyak orang. Lambang negara kita saja yaitu burung garuda, terinspirasi dari elang jawa (Nisaetus bartelsi) yang gagah dan kuat. Negara lain yang juga mempunyai lambang negara berupa burung yaitu amerika serikat, mempunyai lambang negara elang botak (Haliaetus leucochepalus) dan masih banyak negara lain lagi. Burung benar-benar binatang yang menjadi sumber pandangan gres manusia.

Elang jawa, pandangan gres lambang negara

Di ekosistem sendiri, burung mempunyai tugas penting dalam jaring-jaring makanan. Burung membantu penyerbukan banyak sekali macam tanaman, seekor burung madu sriganti (Nectarinia jugularis) bisa membantu penyerbuakan banyak bunga dalam satu hari. Burung juga membantu penyebaran biji banyak tumbuhan. Burung-burung pemakan buah ibarat julang emas (Aceros undulatus) tidak sanggup mencerna biji dalam buah tersebut, biji-bijian itu akan keluar bersama feses, jatuh di daerah gres dan tumbuh menjadi tumbuhan baru. Hal itu menjaga spesies tumbuhan tersebut untuk tetap eksis di permukaan bumi.

Kamu niscaya pernah mendengar ihwal burung dodo (Raphus cucullatus), burung endemik di Mauritius, erat Madagaskar. Dodo membantu penyerbukan spesies tumbuhan tambalacoque, ketika dodo punah pada kala 16 atau 17, tambalacoque ini ikut punah lantaran tidak ada lagi yang membantu perkembangbiakannya. Perkembangbiakan tambalacoque tergantung oleh dodo, biji tambalacoque sanggup tumbuh gres sehabis melewati proses pencernaan di perut dodo. Mungkin tidak ada binatang lain yang memakan biji tambalacoque selain dodo, sehingga saat dodo punah tumbuhan itupun ikut punah.

Dodo, punah lantaran perburuan manusia

Burung juga berperan dalam pengendalian hama tanaman, burung-burung pemakan serangga ibarat prenjak padi (Prinia Inornata) akan memakan serangga-serangga yang ada di lahan pertanian. Kegiatan burung prenjak itu sanggup membantu petani mengandalikan hama secara alami, tanpa memakai materi kimia, sehingga kondusif bagi lingkungan.

Burung mempunyai tugas penting sebagai indikator lingkungan sekitar kita. Perhatikanlah lingkungan sekitarmu, apabila masih banyak dijumpai burung liar, artinya lingkunganmu masih baik dan cukup asri. Apabila sudah jarang dijumpai burung, itu berarti kau sanggup menyimpulkan bahwa lingkungan tersebut sudah kurang sehat. Salah satu burung yang biasa dijadikan indikator lingkungan yaitu burung sepah kecil (Pericrocotus cinamomeus), apabila di sekitar daerah tinggalmu masih dijumpai burung ini, artinya lingkunganmu masih baik dan belum banyak polusi.

Sepah kecil, salah satu indikator lingkungan

Banyak orang memperoleh penghidupan dari burung, memperjualbelikan burung sebagai penghias rumah ataupun diincar suaranya yang merdu. Hal ini tak sanggup dihindari lagi lantaran sudah terjadi selama beratus-ratus tahun dari jaman nenek moyang kita. Dari hobi tersebut terjadi perputaran uang yang tidak sedikit dan menyebabkan perekonomian lebih lancar. Permintaan terhadap burung-burung peliharaan terus meningkat sepanjang waktu. Namun yang harus menjadi perhatian kita adalah, bolehlah kita memihara dan memperjualbelikan burung namun harus burung yang berasal dari penangkaran sehingga tidak mengurangi jumlahnya di alam.

Burung-burung di alam sudah semakin sedikit jumlahnya, bila kita terus menangkapnya dari alam apa yang akan tersisa untuk anak cucu kita. Mereka tidak sanggup lagi menikmati keindahan burung di alam sekitar lagi. Marilah kita kampanyekan bersama untuk stop jual-beli burung dari hasil tangkapan di alam.  Melihat dan mendengarkan burung di kandang memang indah, namun lebih indah lagi melihat dan mendengar keindahannya di pepohonan, di alamnya langsung.

1 komentar untuk "Nilai Penting Burung"

  1. If you're attempting to lose fat then you certainly have to try this brand new personalized keto meal plan.

    To create this service, certified nutritionists, personal trainers, and chefs united to develop keto meal plans that are powerful, convenient, price-efficient, and fun.

    Since their first launch in January 2019, 1000's of clients have already completely transformed their figure and health with the benefits a professional keto meal plan can give.

    Speaking of benefits; clicking this link, you'll discover 8 scientifically-tested ones offered by the keto meal plan.

    BalasHapus