Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Tersembunyi Dari Nyanyian Burung

Sering kali kita mendengar burung bernyanyi di sekitar kita, di halaman rumah, di televisi, atau yang lebih parah di kandang burung tetangga. Tapi pernahkah kalian bertanya sebetulnya apa sih tujuan burung bernyanyi demikian merdunya?

Burung bernyanyi setiap hari bukan untuk menyambut pagi hari ataupun alasannya yaitu sedang bahagia hati. Burung bernyanyi alasannya yaitu dua alasan utama 1) untuk menarik lawan jenis dan 2) untuk menandai kawasan kekuasaan.

Burung bernyanyi untuk menarik lawan jenis
dan menandai kawasan kekuasaan

Burung yang biasanya ramai bernyanyi yaitu burung jantan, sebagai siasat memanggil lawan jenis untuk mendekat dan melaksanakan perkawinan. Suara nyanyian burung sanggup terdengar dari jarak yang sangat jauh, burung betina yang tertarik dengan bunyi itu akan tiba mendekat untuk menyidik siapa gerangan yang sedang bernyanyi. Bila si betina menyukai agresi si jantan, maka perkawinan segera terjadi. Bila si betina tidak menyukainya, maka akan pergi untuk mencari pejantan yang nyanyiannya lebih indah.

Banyak burung mempunyai kawasan kekuasaan sendiri, kawasan yang dijaga semoga pesaingnya (dari jenisnya sendiri) tidak tiba ke kawasan tersebut. Burung menandai kawasan kekuasannya dengan cara benyanyi semoga pesaingnya sanggup mendengar dan pergi dari kawasan tersebut. Dengan menjaga kawasan kekuasannya, burung mempertahankan sumber makanan dan memperoleh pasangan kawin.

Namun alasannya yaitu suaranya yang indah ini, menjadikan banyak burung ditangkap untuk dijadikan sebagai binatang peliharaan. Burung dipelihara di kandang yang sempit untuk dieksploitasi keindahan suaranya maupun keindahan bulunya. Hal ini tentu sangat menyiksa burung tersebut, hidupnya tidak bebas, terpenjara dalam kandang yang sempit.

Sebenarnya ada cara untuk menikmati keindahan suaranya tanpa harus menyiksanya, yaitu dengan mendengar suaranya di habitatnya sendiri. Ayo kita lakukan perjalanan di taman-taman, di hutan-hutan, di gunung-gunung untuk menemukan burung dan mendengarkan suaranya tanpa harus menyiksanya dalam sangkar. Ayo kita pengamatan burung.

Pengamatan burung : mengamati dan mendengarkan
keindahan burung di habitatnya

Nah, bagi teman-teman yang tidak tahu apa itu pengamatan burung sanggup membaca artikel berikut ini perihal Apa Itu Pengamatan Burung.

Posting Komentar untuk "Arti Tersembunyi Dari Nyanyian Burung"