Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Cumi-Cumi Dan Sotong

Cumi-cumi dan sotong merupakan anggota filum molusca (hewan lunak) yang mempunyai nilai ekonomi penting bagi manusia. Mereka banyak diburu untuk dijadikan menu enak dalam banyak sekali masakan. Cumi dan sotong tubuhnya berotot dan kenyal serta mempunyai ctarasa yang enak untuk dimakan.

Cumi-cumi (squid) dan sotong (cuttlefish) mempunyai ciri tubuh yang hampir serupa, namun mereka bergotong-royong yaitu spesies yang berbeda. Namun di jepang, mereka tidak dibedakan dan keduanya disebut dengan nama yang sama yaitu “ika”.

Cumi dan sotong sama-sama mempunyai 10 tentakel yang terdapat pada kepalanya. Mereka juga mempunyai tubuh menyerupai torpedo dengan bab belakang yang meruncing serta terdapat sirip di sisi tubuhnya. Perbedaan cumi dan sotong sanggup dilihat dari bentuk tubuhnya dan letak siripnya.

Perbedaan cumi dan sotong yaitu sebagai berikut.
  • Tubuh cumi lebih ramping dan terkesan panjang jika dibandingkan dengan sotong yang bertubuh gemuk dan pendek. 
  • Cumi mempunyai sirip pada setengah tubuhnya sampai bab belakang, sedangkan sotong mempunyai sirip di sepanjang tubuhnya.
Untuk lebih jelas, perhatikanlah gambar di bawah ini.

cumi dan sotong merupakan anggota filum molusca  Perbedaan Cumi-Cumi dan Sotong
Cumi-cumi/squid/Loligo sp.
cumi dan sotong merupakan anggota filum molusca  Perbedaan Cumi-Cumi dan Sotong
Sotong/cuttlefish/Sepia sp.

Dengan memperhatikan kedua ciri tersebut, akan sangat terperinci dalam membedakan antara cumi dan sotong sehingga kita tidak akan galau lagi untuk membedakan keduanya.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Cumi-Cumi Dan Sotong"