Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komodo, Monster Orisinil Indonesia

Varanus komodoensis
Mendengar nama komodo, orang akan pribadi ingat dengan kadal besar yang hidup di kepulauan Nusa Tenggara. Komodo (Varanus komodoensis) merupakan jenis kadal terbesar yang hidup di pulau hidup di pulau KomodoRincaFloresGili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Panjang badan kadal raksasa ini sanggup mencapai 3 m dari ujung kepala sampai ujung ekor. Komodo bukan satwa australis maupun orientalis, beliau yaitu satwa tempat peralihan yang hanya ditemukan di Indonesia (hewan endemik Indonesia).

Komodo sanggup mencapai ukuran yang begitu besar disebabkan  tidak adanya karnivora yang memangsanya di habitat alaminya. Di habitat tempat tinggalnya tidak terdapat pemangsa besar menyerupai harimau ataupun anjing hutan sehingga mereka berperan sebagai raja di habitatnya. Komodo tidak mempunyai tentangan kecuali dari jenisnya sendiri.

Monster ini begitu ganas, dengan kulitnya yang tebal, cakarnya yang panjang, giginya yang runcing, dan yang paling membuatnya seram yaitu bakteri-bakteri berbahaya yang hidup di mulutnya. Bahkan, penelitian terbaru menyatakan bahwa komodo mempunyai kelenjanr racun yang bisa menghasilkan racun yang sangat mematikan. Beberapa orang dilaporkan mati lantaran gigitan komodo di pulau Komodo. 

Kerbau liar, salah satu mangsa komodo
Mangsa monster ini yaitu mamalia besar menyerupai rusa, babi hutan, dan kerbau liar. Dengan giginya yang tajam komodo akan menggigit mangsanya dan menunggunya mati sebelum mulai memakannya. Air liur dalam gigitan komodo mengandung 28 jenis basil berbahaya dan mematikan, satu gigitan pada mangsa sanggup berakibat fatal sampai berujung kematian. Bakteri-bakteri tersebut akan menginfeksi badan mangsa yang akan mengakibatkan mangsa tersebut mati sehabis beberapa hari. Setelah menggigit mangsanya, komodo akan mengikuti kemanapun mangsa tersebut pergi, berharap mangsa tersebut segera mati untuk sanggup segera disantapnya. 

Seperti ular, komodo mencium busuk bangkai mangsanya melalui juluran lidahnya. Hewan besar yang mati akan mengundang puluhan komodo untuk tiba dan saling berebut daging, makan sebanyak-banyaknya. Komodo merupakan binatang yang aktif disiang hari, penglihatannya sanggup membedakan warna namun kurang baik untuk membedakan benda yang diam. Secara sederhana sanggup dikatakan monster ini lebih jeli melihat benda-benda yang bergerak dibandingkan benda-benda yang diam.

Sebagai monster orisinil Indonesia, komodo telah menarik perhatian masyarakat dunia. Baru-baru ini pulau Komodo dinobatkan sebagai salah satu dari 7 Keajaiban Dunia gres yang menimbulkan banyak wisatawan mancanegara berdatangan ke pulau Komodo untuk menyaksikan keganasannya.

Posting Komentar untuk "Komodo, Monster Orisinil Indonesia"