Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alloxan : Zat Penyebab Diabetes

Alloxan yaitu derivat pirimidin, dalam keadaan cair akan membentuk alloxan hidrat. Alloxan sanggup mengakibatkan rusaknya sel beta-pankreas pada binatang rodensia (tikus dan sejenisnya). Zat ini biasanya dipakai untuk menginduksi diabetes melitus pada binatang percobaan. Penyuntikan alloxan pada rodensia akan menyebaabkan sel-sel beta pankreasnya rusak sehingga tidak bisa menghasilkan insulin. Ketiadaan insulin mengakibatkan kadar gula dalam darah binatang tersebut meningkat dengan pesat.

Penelitian-penelitian dalam bidang diabetes sangat terbantu dengan ditemukannya alloxan. Peneliti sanggup mengujicoba imbas obat-obatan atau perlakuan tertentu terhadap rodensia yang telah diatur menderita diabetes. Penemuan obat-obatan jenis gres tentu tidak etis apabila eksklusif diujicobakan kepada manusia, dalam tahap awal biasanya dipakai tikus sebagai binatang ujinya. 

Molekul alloxan

Alloxan akan masuk ke dalam sel beta pancreas melalui transporter untuk glukosa yaitu GLUT2. Alloxan sanggup melewati GLUT2 alasannya yaitu mempunyai strukturmolekul yang seolah-olah dengan glukosa. Zat ini akan terakumulasi di dalam sel beta pancreas dan sanggup mengakibatkan kerusakan sel.

Alloxan terkadang dipakai sebagai materi pemutih pada mie instan, tepung terigu dan materi masakan lainnya. Alloxan juga sanggup mengakibatkan kerja sel beta pancreas insan terganggu, walaupun dalam beberapa waktu fungsinya akan normal kembali. Konsumsi masakan yang mengandung alloxan secara terus-menerus sanggup menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit diabetes tipe-1. Anak-anak cukup rentan terhadap akumulasi alloxan dalam pancreas dan menjadi salah satu penyebab utama diabetes pada anak-anak.

Banyaknya penderita diabetes ketika ini diakibatkan alasannya yaitu referensi hidup dan konsumsi yang kurang sehat. Banyak materi masakan yang telah ditambah zat kimia yang sanggup meningkatkan rasio diabetes. Alloxan merupakan salah satu zat kimia yang umum ditambahkan pada masakan dan sanggup mengakibatkan penyakit tersebut.

Posting Komentar untuk "Alloxan : Zat Penyebab Diabetes"