Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Si Manis Burung Quetzal

Quetzal yakni burung dari jenis trogon (luntur-lunturan) yang hidup di hutan hujan pegunungan Amrika Tengah. Burung ini mempunyai warna dan struktur bulu yang sangat indah sehingga dikenal sebagai salah satu burung paling manis di dunia. Bulunya merupakan perpaduan antara warna hijau, biru, dan merah mengkilap yang sangat manis dipandang mata.

Burung yang mempunyai nama ilmiah Pharomachrus moccino ini akan nampak lebih menarik dikala demam isu kawin tiba. Dimana si jantan akan menumbuhkan sepasang bulu di ekornya yang panjangnya sanggup mencapai 1 meter. Bulu panjang ini dipakai untuk menarik perhatian betina yang menjadi incarannya. Si betina sendiri tidak mempunyai bulu ekor panjang menyerupai jantan. Betina umumnya lebih menyukai jantan dengan bulu yang lebih panjang dan lebih indah.

Quetzal yakni burung dari jenis trogon  Si Cantik Burung Quetzal
Burung Quetzal (Pharomachrus moccino)

Mereka merupakan burung pemakan buah kecil, serangga, dan binatang kecil macam kadal dan katak. Menjelang kawin, quetzal akan membangun sarang berupa lubang di pohon yang dipakai betina untuk bertelur. Quetzal betina akan bertelur dua sampai tiga butir telur yang dan dierami selama beberapa minggu. Anak-anak quetzal sanggup terbang sesudah berumur 3 minggu.

Burung ini dianggap suci oleh suku maya dan aztec di Amerika Tengah. Pemimpin-pemimpin spiritual di suku tersebut sering memakai bulu burung ini sebagai penghias kepala dalam ritual-ritual khusus. Quetzal juga merupakan burung yang menjadi lambang negara Guatemala. Bahkan satuan mata uang di Guatemala juga disebut dengan quetzal.

Karena kecantikannya, burung ini sering diburu untuk diperdagangkan sebagai binatang peliharaan. Oleh alasannya itu jumlahnya di alam kian menipis dan sekarang termasuk burung langka yang dilindungi.

Posting Komentar untuk "Si Manis Burung Quetzal"