Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mineral Kuarsa (Quartz) Dan Kegunaannya

Apa itu Kuarsa ?

Kuarsa adalah senyawa kimia yang terdiri dari satu pecahan silikon dan dua pecahan oksigen atau biasa disebut silikon dioksida (SiO2). Kuarsa merupakan bumi dan sifatnya yang unik sanggup membuatnya menjadi salah satu mineral yang paling berguna.


Dimana Kuarsa Dapat Ditemukan ?

Kuarsa ialah mineral yang terdistribusi secara luas di permukaan bumi. Mineral ini sanggup terbentuk pada semua suhu pembentukan mineral. Kuarsa banyak ditemukan di batuan beku, metamorf, dan batuan sedimen.

Kuarsa sangat tahan terhadap pelapukan mekanik dan kimia. Daya tahan inilah yang menciptakan mineral ini banyak ditemukan di puncak gunung, pantai, sungai, dan gurun pasir. Kuarsa sanggup hadir dimana-mana, berlimpah dan resisten. Tambang deposit kuarsa banyak ditemukan di seluruh dunia.
 senyawa kimia yang terdiri dari satu pecahan silikon dan dua pecahan oksigen atau biasa dis Mineral Kuarsa (Quartz) dan Kegunaannya
Gambar mineral kuarsa dan sifat fisiknya.

Apa Kegunaan Kuarsa ?

Kuarsa merupakan salah satu materi alami yang paling berguna. Kegunaannya selalu dihubungkan dengan sifat fisik dan kimianya. Mineral kuarsa mempunyai kekerasan 7 pada Skala Mohs yang membuatnya sangat resisten. Hal ini disebabkan lantaran ikatan struktur kimianya yang sanggup berafiliasi dengan banyak sekali macam unsur.

Kursa mempunyai sifat listrik dan tahan panas yang membuatnya mempunyai kegunaan dalam produk elektronik. Kuarsa sering mempunyai warna yang berkilau dan "diaphaneity", membuatnya mempunyai kegunaan sebagai watu permata dan juga materi pembuatan kaca.


Kristal kuarsa sanggup dipakai untuk tujuan khusus. Kristal kuarsa yang berkualitas tinggi ialah silika kristal tunggal dengan sifat optik ataupun elektronik. Para jago memperkirakan ada sekitar sepuluh miliar kristal kuarsa dipakai setiap tahun.

Kristal kuarsa sanggup dimanfaatkan sebagai materi pembuatan filter, kontrol frekuensi, timer, sirkuit elektronik yang menjadi komponen penting dalam ponsel, jam tangan, receiver televisi, komputer, alat navigasi, lensa, epilog laser, dan banyak sekali macam perangkat khusus lainnya.

Posting Komentar untuk "Mineral Kuarsa (Quartz) Dan Kegunaannya"