Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode Penelitian R&D (Research And Development)

Seiring majunya dunia pendidikan di Indonesia, guru-guru dituntut sanggup memperlihatkan pembelajaran yang kreatif sehingga bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki siswa. Guru sebagai fasilitator dalam kelas diperlukan bisa menganalisis kebutuhan siswanya dan memfasilitasi pembelajaran yang sesuai dengan huruf siswa. Untuk itulah, guru diperlukan bisa menyebarkan suatu produk pembelajaran yang mempunyai nilai tambah dalam memaksimalkan potensi siswa.

Untuk sanggup menyebarkan suatu produk yang bermanfaat, guru harus memakai metode-metode ilmiah melalui langkah-langkah terstruktur dalam suatu penelitian yang disebut research and development atau R&D. Penelitian ini juga disebut dengan peneltian pengembangan, yaitu penelitian untuk menyebarkan produk gres yang bermanfaat bagi siswa. Produk yang dimaksud disini bukan hanya produk secara harfiah yang berupa buku atau alat, namun juga sanggup berupa suatu metode pembelajaran yang bermanfaat.

Dalam bukunya yang berjudul Penelitian dan Pengembangan, Prof. Sugiyono menyatakan bahwa R&D ialah metode penelitian yang dipakai untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Untuk sanggup menghasilkan produk tertentu dipakai analisis kebutuhan, contohnya apa yang dibutuhkan oleh siswa untuk meningkatkan hasil belajarnya. Analisis kebutuhan ini diikuti dengan pengembangan produk tertentu dan dilakukan uji efektivitas terhadap produk tersebut.

Produk tersebut perlu menerima validasi dari jago yang kompeten sebelum menjalani masa ujicoba. Dan kekurangan yang ditemukan dalam masa ujicoba perlu diperbaiki atau direvisi untuk menghasilkan produk simpulan yang sanggup digunakan. Adakalanya revisi dilakukan berulangkali alasannya ialah ditemukan kekurangan-kekurangan gres pada produk yang dikembangkan tersebut.


Seiring majunya dunia pendidikan di Indonesia Metode Penelitian R&D (Research and Development)
Langkah penelitian R&D

Selain dipakai dalam dunia pendidikan, R&D juga banyak dipakai pada bidang-bidang ilmu alam dan teknik. Hampir semua produk teknologi, ibarat alat-alat elektronik, kendaraan bermotor, pesawat terbang, kapal laut, senjata, obat-obatan, alat-alat kedokteran, bangunan gedung bertingkat dan alat-alat rumah tangga yang modern diproduk dan dikembangkan melalui penelitian R&D.

Langkah-langkah dalam penelitian R&D ialah sebagai berikut.
  1. Potensi dan masalah. Penelitian sanggup berangkat dari adanya potensi dan masalah. Potensi ialah segala sesuatu yang jika didayagunakan akan mempunyai nilai tambah. Masalah ialah penyimpangan antara yang diperlukan dengan yang terjadi.
  2. Mengumpulkan informasi. Setelah potensi dan duduk kasus sanggup ditunjukkan secara faktual dan update, maka selanjutnya perlu dikumpulkan warta yang sanggup dipakai sebagai materi untuk perencanaan produk tertentu yang diharapakan sanggup mengatasi duduk kasus tersebut.
  3. Desain produk. Produk didesain untuk sanggup mengatasi duduk kasus yang ada.
  4. Validasi desain. Validasi desain merupakan acara evaluasi rancangan produk oleh jago yang berkompeten dibidangnya,
  5. Perbaikan desain. Setelah desain produk, dinilai melalui diskusi dengan pakar dan para jago lainnya, maka akan sanggup diketahui kelemahannya. Kelemahan tersebut dikurangi dengan memperbaiki desain.
  6. Uji Coba produk. Produk diujicobakan pada kelompok terbatas.
  7. Revisi produk. Kelemahan-kelemahan produk yang ditemukan dalam sampel terbatas selanjutnya diperbaiki untuk memperoleh produk yang lebih sempurna.
  8. Uji coba pemakaian. Produk diujicobakan pada kelompok yang lebih luas.
  9. Revisi produk. Perbaikan produk apabila ditemukan kelemahan pada ujicoba skala luas.
  10. Pembuatan produk masal. Produk simpulan yang dihasilkan diproduksi secara masal untuk sanggup dipakai secara optimal.

Setiap langkah dalam penelitian R&D harus dilaksanakan secara berurutan biar menghasilkan produk yang benar-benar valid. Terdapat beberapa langkah lain yang mungkin berbeda karena dikembangkan oleh jago yang berbeda. Namun secara umum, langkah-langkah diatas telah secara luas diterima dan dipakai dalam dunia pendidikan Indonesia.

Banyak mahasiswa mengguakan langkah-langkah diatas untuk menuntaskan studinya. Penelitian R&D ketika ini banyak diterapkan dalam skripsi dan thesis mahasiswa. Model penelitian ini memang cukup rumit dan membutuhkan waktu yang lebih usang dalam menyelesaikannya. Namun apabila dikerjakan dengan baik sanggup memperlihatkan kebermanfaatan yang tinggi bagi orang lain.

DOWNLOAD CONTOH SKRIPSI R&D

Posting Komentar untuk "Metode Penelitian R&D (Research And Development)"