Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Galena Dan Kegunaannya

Pengertian dan Deskripsi Galena

Galena yakni mineral timbal sulfida dengan komposisi kimia PbS. Galena merupakan bijih utama timbal (timah hitam) dan ditambang dari sejumlah besar deposit di banyak negara. Galena banyak ditemukan dalam batuan beku dan metamorf. Dalam batuan sedimen, galena sanggup terbentuk sebagai urat, semen breksi, butiran-butiran yang terisolasi, dan sebagai mineral replacment pada watu kapur dan dolostone.

Baca juga: Mineral Kuarsa dan Kegunaannya

Galena sangat gampang untuk diidentifikasi. Mineral Galena menawarkan belahan yang tepat dalam tiga arah yang bersinggungan 90 derajat. Galena mempunyai warna perak, kilap logam cerah, mempunyai berat jenis tinggi (7,4-7,6) . Galena cukup lembut dengan kekerasan 2.5+ Skala Mohs. Galena mempunyai cerat abu-abu sampai hitam dan kristal galena pada umumnya berbentuk kubus ataupun oktahedron.

 Galena yakni mineral timbal sulfida dengan komposisi kimia PbS Mengenal Galena dan Kegunaannya
Gambar mineral galena dan deskripsinya.

Argentiferous Galena (Bijih Silver)

Ciri khas galena yakni mengandung sekitar 86,6% timbal dan 13,4% sulfur. Namun, ada beberapa jenis dari galena mengandung perak sampai beberapa persen (by weight). Galena yang mengandung perak disebut sebagai "Argentiferous Galena". Dalam struktur atom galena, perak sanggup menggantikan timbal, atau juga sanggup berasal dari butiran-butiran halus mineral perak yang masuk dalam galena.

Perak sering bersifat "pengganggu" dalam struktur kristal galena, sehingga sering menjadikan galena mempunyai kenampakan belahan yang melengkung. Identifikasi belahan tersebut sanggup menjadi pengetahuan penting ketika melaksanakan eksplorasi mineral ini. Selain perak, galena sanggup mengandung sejumlah kecil antimon, arsenik, bismuth, kadmium, tembaga dan seng. Kadang-kadang selenium hadir menggantikan belerang (sulfur) yang ada dalam galena.

Baca juga: Logam Titanium dan Kegunaannya

Galena sangat gampang lapuk. Jika lapuk, galena akan berubah warna dari kilau perak metalik ke warna abu-abu kusam atau hitam kusam. Ketika terkubur di dalam tanah, galena akan cepat lapuk membentuk anglesite, cerusite, pyromorphite atau mineral timah lainnya. Mineral-mineral inilah yang sering dijadikan penanda di permukaan untuk mengungkap keberadaan galena dibawahnya.

Kegunaan Galena

Galena yakni mineral yang sangat penting alasannya yakni berfungsi sebagai bijih untuk sebagian besar produksi timbal di dunia. Galena juga merupakan bijih yang signifikan dari perak. Kegunaan timbal paling penting ketika ini yakni dalam baterai timbal. Sebuah baterai khusus mengandung sekitar 20 pon timbal dan harus diganti setiap empat atau lima tahun. Baterai timbal juga dipakai sebagai sumber pasokan listrik darurat untuk jaringan komputer, kemudahan komunikasi, dan sistem penting lainnya. Timbal juga merupakan salah satu logam yang dipakai dalam sistem penyimpanan energi yang terkait dengan pembangkit listrik dan kendaraan hybrid.

Posting Komentar untuk "Mengenal Galena Dan Kegunaannya"