Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Kram Perut Dikala Olahraga

Seringkali dikala sedang asik berolahraga, kita terhenti oleh lantaran munculnya rasa sakit di perut yang cukup menyiksa. Rasa sakit di perut dikala olahraga dikenal dengan sebutan kram perut. Kram perut sanggup menjadi momok yang cukup mengganggu kegiatan olahraga kita. Setelah tiba rasa sakit biasanya kita tidak sanggup lagi melanjutkan olehraga dan harus beristirahat. Kram perut sanggup terjadi lantaran beberapa lantaran antara lain, badan kekurangan air, badan kekurangan oksigan dan olahraga sesudah makan.

Kram perut kerap muncul dikala olahraga

Saat olahraga suhu badan akan meningkat sehingga menimbulkan dikeluarkan banyak keringat untuk menurunkan suhu tubuh. Keringat yang keluar dari badan apabila tidak dibarengi dengan asupan air sanggup menimbulkan badan kekurangan air (dehidrasi). Semakin keras olahraga yang kita lakukan semakin banyak keringat yang keluar, menimbulkan semakin cepat terjadinya dehidrasi. Hal ini akan memicu munculnya kram perut dikala berolahraga.

Untuk mengatasi duduk perkara tersebut sanggup dilakukan dengan minum air putih di sela-sela olahraga atau sebelum olahraga. Minum air dikala atau sebelum olahraga akan menjaga badan dari kekurangan cairan badan yang menimbulkan kram perut. Air cuek cenderung lebih gampang diserap oleh badan dibandingkan dengan air panas, meminum air cuek sebelum olahraga baik untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Minum air putih untuk mencegah kram perut

Kekurangan oksigen juga sanggup menjadi penyebab munculnya kram perut. Oksigen dibutuhkan badan untuk proses pembentukan energi. Saat olahraga, badan membutuhkan asupan oksigen yang lebih banyak dibandingkan dikala badan beristirahat. Apabila oksigen yang dihirup melalui udara pernapasan jumlahnya tidak cukup sanggup menjadi pemicu munculnya kram perut.

Kekurangan oksigen sanggup dihindari dengan melaksanakan pernapasan yang teratur dikala berolahraga. Mengobrol dikala berolahraga sanggup mengurangi volume udara pernapasan yang masuk sehingga menimbulkan badan kekurangan oksigen. Bernapas secara teratur dan menghindari mengobrol sanggup menghindari kram perut dikala olahraga.

Mengatur pernapasan untuk mencegah kram perut

Hal terakhir yang menjadi penyebab utama kram perut ialah melaksanakan olehraga sesudah selesai makan. Makanan dalam sistem pencernaan membutuhkan waktu beberapa jam untuk dicerna. Setelah makan, makanan akan masuk ke dalam lambung. Apabila olahraga dilakukan dikala makanan masih di dalam lambung akan menimbulkan terjadinya kram perut.

Untuk mencegah timbulnya kram perut sanggup dilakukan dengan tidak eksklusif melaksanakan olahraga sesudah selesai makan. Berolahragalah sekitar satu setengah jam sesudah selesai makan biar pencernaan di lambung telah selesai sehingga tidak menjadikan kram perut.

Olahraga sesudah makan menjadi penyebab utama kram perut

Kram perut bukanlah sesuatu yang berbahaya, hanya akan mengganggu kegiatan olahraga kita. Apabila terjadi kram perut, istirahat sejenak dan minum air putih akan menyembuhkannya. Namun, apabila terus melanjutkan olahraga padahal telah terjadi kram perut sanggup menimbulkan kelainan yang lebih berbahaya.

Kram perut merupakan duduk perkara yang biasa terjadi dikala olahraga, duduk perkara lain yang kerap muncul ialah kesemutan pada telapak kaki atau tangan sesudah olahraga. Penyebab kesemutan ini sanggup dilihat pada artikel Kesemutan Setelah Olahraga, Apakah Normal?

Posting Komentar untuk "Mengatasi Kram Perut Dikala Olahraga"