Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan

Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang, mungkin bagi orang-orang yang lahir tahun 90 an dan sebelum itu tidak ajaib dengan kalimat ibarat itu. Kalimat yang sering muncul dalam film-film warkop DKI yang dibentuk tahun 80 dan 90 an. Hampir di setiap simpulan episode akan ada kalimat legendaris itu untuk mengakhiri penayangan film.

Oke lah, tapi goresan pena aku kali ini tidak akan fokus pada film komedi Dono, Kasino, Indro itu. Tulisan aku kali ini akan fokus pada manfaat dari tertawa itu sendiri dilihat dari sisi kesehatan. Tertawa biasanya muncul dari rasa senang di dalam diri seseorang, namun ada pendekatan gres bahwa ternyata senang sanggup timbul sehabis kita tertawa dulu. Maka dari itu, ada banyak andal yang mulai menciptakan terapi tertawa untuk menciptakan senang seseorang, alasannya ialah nyatanya seseorang yang senang akan terhindar dari banyak penyakit.

 an dan sebelum itu tidak ajaib dengan kalimat ibarat itu Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan
Tertawa itu sehat

Saat tertawa, otak melepaskan hormon endorfin yang mengurangi rasa sakit, meredakan stres, sampai meningkatkan kekebalan tubuh. Tertawa juga akan mematikan hormon pemicu stres, ibarat kortisol dan mengaktifkan hormon yang menjadikan rasa senang ibarat dopamin sampai menjadikan rasa senang dan meredakan kecemasan.

Besarnya manfaat tertawa menciptakan munculnya gerakan tertawa yang juga mencetuskan hari tertawa sedunia pada hari ahad pertama bulan Mei. Berikut aku rangkumkan manfaat-manfaat tertawa yang aku ambil dari situs mayoclinic.org dan letslaugh.com.au.

Tertawalah semoga sehat bahagia, inilah manfaat-manfaat tertawa.
  • Menangkal stres dan depresi.
  • Meringankan sakit kepala, membantu pernapasan penderita asma dan alergi, serta melepaskan hormon endorfin yang merupakan penangkal nyeri alami.
  • Meredakan kelelahan, merangsang sirkulasi darah, dan membantu relaksasi otot sampai mengurangi tanda-tanda fisik stres.
  • Memperbaiki sistem kekebalan tubuh, dan menghambat penuaan sel tubuh.
  • Meningkatkan detak jantung dan tekanan darah sampai muncul rasa tenang, senang, dan bahagia.
  • Meningkatkan kepuasan pribadi, lebih gampang mengatasi kesulitan dan membantu bekerjasama dengan orang lain.
  • Memperbaiki kondisi tubuh, menjadikan pikiran positif, sampai memicu pelepasan neuropeptida yang melawan stres dan penyakit semoga tak makin parah.

Tulisan ini akan aku tutup dengan mengutip kata-kata Lee Bark, andal psikoneuroimunoligi Universitas Loma Linda, California, Amerika Serikat sebagai berikut: ”sistem hormon dan sistem kekebalan badan saling bekerjasama dan saling mempengaruhi. Rasa sedih memunculkan hormon stres yang menekan fungsi kekebalan badan sampai memicu penyakit.”

Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang

Posting Komentar untuk "Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan"