Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Loquat, Obat Batuk Yang Nikmat Dimakan

Orang Indonesia mungkin jarang mendengar nama buah loquat (Eriobotria japonica) lantaran buah tersebut memang bukan buah orisinil Indonesia. Loquat yaitu buah yang berasal dari dataran Tiongkok, namun dikala ini telah tersebar di banyak sekali penjuru dunia termasuk Indonesia. Buah ini berukuran kecil, sedikit lebih kecil dari rambutan dengan bentuk menggerombol. Walaupun kecil, namun buah ini mempunyai rasa manis yang nikmat sehingga mengakibatkan buah ini banyak dikembangkan di banyak negara di luar Tiongkok.

Selain rasa buahnya yummy di lidah, ternyata buah ini mempunyai khasiat sebagai obat batuk alami. Ahli-ahli obat di China semenjak jaman dahulu telah memakai sirup buah loquat untuk meredakan penyakit batuk. Sirup buah ini sanggup diberikan kepada penderita batuk berdahak yang disebabkan oleh bisul virus influenza. Buah ini bekerja dengan cara mengencerkan dahak dan memudahkannya keluar dari susukan pernapasan sehingga melegakan susukan pernapasan.


Selain mempunyai kegunaan dalam pengobatan penyakit batuk, kandungan vitamin A yang tinggi dalam buah ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Apabila anda rajin makan wortel atau tomat demi kandungan vitamin A-nya, anda sanggup sesekali mencoba buah loquat ini lantaran kandungan vitamin A-nya hampir setara namun unggul dalam rasanya. Vitamin A dalam buah-buahan akan membantu menjaga kesehatan mata, menjadikannya tetap bugar, dan menghindari kebutaan.

Walaupun buah loquat mempunyai khasiat yang anggun untuk kesehatan, namun biji dan daun mudanya justru mengandung racun. Racun yang terkandung di dalamnya yaitu dari jenis sianida yang berbahaya bagi tubuh. Walaupun kadar racunnya kecil dan tidak mematikan, namun sangat tidak dianjurkan untuk memakannya lantaran sanggup mengganggu kesehatan. Racun sianida inilah yang mengakibatkan daun muda dan bijinya berasa pahit sehingga tidak enak untuk dimakan.

Di negara asalnya, loquat akan berbungga di tamat ekspresi dominan gugur atau di awal ekspresi dominan semi. Pohon loquat termasuk pohon evergreen, yaitu akan selalu hijau, daunnya tidak akan rontok ketika ekspresi dominan hambar tiba. Bunganya mempunyai aroma yang sangat harum sehingga di beberapa negara eropa ekstraknya dipakai sebagai materi baku parfum. Aroma harum bunganya sanggup tercium dari jarak jauh, seolah-olah dengan bunga kopi di Indonesia.

Posting Komentar untuk "Loquat, Obat Batuk Yang Nikmat Dimakan"