Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemampuan Berpikir Matematis, Kritis, Dan Kreatif

Kemampuan berpikir matematis ialah kemampuan seseorang untuk bisa berpikir logis dan sistematis dalam menghadapi banyak sekali duduk masalah baik dalam matematika maupun dalam menuntaskan duduk masalah kehidupannya. Kemampuan ini bekerjasama dengan daya matematis yaitu kemampuan seseorang untuk bisa menghubungkan fakta dan bukti sehingga memungkinkan hingga pada suatu kesimpulan yang tepat.

Hubungan Berpikir Matematis, Kritis, dan Kreatif

Daya matematis sanggup dijadikan sebagai salah satu sarana untuk menyebarkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif yang berkaitan dengan kemampuan daypikir dan pemecahan masalah. Hal ini sesuai dengan dugaan bahwa kemampuan berpikir matematis ialah salah satu penentu wacana kecerdasan seseorang sebagai prasyarat bagi pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif.

Penelitian Mann (2005) menyatakan bahwa prestasi mencar ilmu matematika yang mencerminkan kecerdasan, merupakan salah satu penduga yang signifikan bagi kreativitas. Tetapi penelitian yang berkaitan dengan dugaan tersebut masih sangat sedikit dilakukan oleh para peneliti.

Baca juga : Bagaimana Mengembangkan Kecerdasan Emosional

Kemampuan berpikir matematis ialah kemampuan seseorang untuk bisa berpikir logis dan sis Kemampuan Berpikir Matematis, Kritis, dan Kreatif
Gambar ilustrasi kemampuan berpikir matematis.

Cara Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis

Pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif menjadi esensial bagi setiap orang, sebagai bekal semoga bisa menciptakan pertimbangan atau mengevaluasi pernyataan, melaksanakan analisis sebelum menciptakan keputusan, dan bisa menciptakan argumen untuk mempertahankan pendapat. Selain itu, dalam semua disiplin ilmu dan dunia kerja mensyaratkan seseorang untuk bisa :
  1. Memiliki kepercayaan diri 
  2. Memiliki motivasi berprestasi 
  3. Menguasai keterampilan-keterampilan dasar; ibarat keterampilan membaca, menulis, mendengarkan, berbicara, dan melek komputer 
  4. Menguasai keterampilan berpikir; ibarat mengajukan pertanyaan, mengambil keputusan, berpikir analitis, kritis, dan berpikir kreatif 
  5. Menguasai keterampilan interpersonal; ibarat kemampuan berkerjasama dan bernegosiasi

Baca juga : Ciri-ciri dan Kemampuan Kecerdasan Emosional

Referensi: Mann, E. L. (2005), Mathematical Creativity and School Mathematics: Indicators of Mathematical Creativity in Middle School Students. Disertasi pada University of Connecticut. McGregor, D. (2007), Developing Thinking Developing Learning. Poland: Open University Press. Nakin, J.B.N. (2003), Ceativity and Divergent Thinking in Geometry Education. Disertasi Pada University of South Africa.

Posting Komentar untuk "Kemampuan Berpikir Matematis, Kritis, Dan Kreatif"