Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Flora Pembentuk Batubara

Saat ini batubara merupakan salah satu komoditas utama di bidang energi, baik pada pasar internasional maupun pada pasar domestik. Hal ini dikarenakan batubara mempunyai nilai ekonomi sebagai akhir meningkatnya kebutuhan insan akan energi.

Batubara yakni senyawa hidrokarbon padat alami, gampang terbakar, berwarna cokelat hingga hitam, mirip batu, terbentuk dari akumulasi degradasi tumbuhan pada kondisi an-aerobik, serta mengalami pembebanan dan litifikasi secara sedikit demi sedikit dan berlangsung sangat lama.

Baca juga : Tempat dan Proses Pembentukan Batubara

Hampir semua materi pembentuk batubara berasal dari tumbuhan. Menurut Diessel (1981), Jenis-jenis tumbuhan pembentuk batubara dan umurnya yakni sebagai berikut:

Alga : Zaman Pre-Kambrium - Ordovisium, merupakan tumbuhan bersel tunggal. Sangat sedikit endapan batubara dari periode ini.

Gimnospermae : Kurun waktu mulai dari Zaman Permian - Kapur Tengah. Merupakan tumbuhan heteroseksual, bijinya terbungkus dalam buah, mempunyai kadar getah (resin) yang tinggi, misalnya yakni tumbuhan pinus. Jenis Pteridospermae mirip Gangamopteris dan Glossopteris yakni penyusun utama batubara permian mirip di Afrika, Australia, dan India.

Pteridofita : Berumur Devon Atas - Karbon Atas, merupakan material utama pembentuk batubara berumur karbon di Amerika Utara dan Eropa. Tumbuhan ini berkembang biak dengan spora dan tumbuh di iklim yang hangat, berbentuk tumbuhan tanpa bunga dan biji.

Saat ini batubara merupakan salah satu komoditas utama di bidang energi Jenis-jenis Tumbuhan Pembentuk Batubara
Tumbuhan pembentuk batubara.

Baca juga : Macam-macam Lingkungan Pengendapan Batubara

Silofita : Zaman Silur - Devon Tengah. Jenis tumbuhan ini merupakan turunan dari Alga, sehingga sangat sedikit endapan batubara berasal dari periode ini.

Angiospermae : Zaman Kapur Atas hingga sekarang. Merupakan jenis tumbuhan modern, buahnya menutupi biji, jantan dan betina berada dalam satu bunga. Dibanding Gimnospermae tumbuhan ini kurang bergetah, sehingga secara umum kurang sanggup terawetkan.

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Flora Pembentuk Batubara"