Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Pemanfaatan Nikel Yang Paling Utama

Nikel pada awalnya disebut elemen "kupfer-nickel" alasannya yaitu ditemukan di dalam batuan yang tampak menyerupai bijih tembaga (Kupfer). Pada ketika itu nikel dianggap sebagai elemen pengotor pada penambangan tembaga. Akan tetapi seiring berkembangnya pengetahuan dan teknologi, nikel telah berubah menjadi menjadi sebuah elemen primadona. Pemanfaatan nikel yang sangat strategis menciptakan pencarian terhadap logam ini semakin gencar dilakukan sampai ketika ini.

Baca juga: Manfaat Bauksit

Berbagai macam materi yang mengandung nikel memainkan tugas penting dalam kehidupan kita sehari-hari dan hampir tak ada habisnya, contohnya: peralatan makanan, ponsel, peralatan medis, transportasi, bangunan, serta pembangkit listrik. Nikel dipilih alasannya yaitu dibandingkan dengan materi lain, ia mengatakan ketahanan yang lebih baik terhadap korosi, terhadap suhu tinggi maupun rendah, serta mempunyai sifat magnetik dan elektronik yang khusus.

Pemanfaatan nikel yang paling utama yaitu sebagai paduan dari besi dan kromium untuk menghasilkan baja yang tahan karat. Baja tahan karat biasanya mengandung 8-12% nikel. Selain itu, paduan nikel dengan kandungan yang lebih tinggi menyerupai stainless steel banyak digunakan untuk aplikasi yang lebih besar menyerupai turbin gas dan di industri kimia. Paduan nikel-besi banyak digunakan dalam elektronik dan rekayasa spesialis, sedangkan paduan nikel-tembaga digunakan untuk mata uang dan pada industri kelautan.

Ada sekitar 3000 paduan yang mengandung nikel digunakan sehari-hari. Sekitar 90% dari semua nikel yang dijual setiap tahun digunakan sebagai paduan yang menghasilkan baja, sedangkan dua pertiganya dibentuk stainless steel. Logam nikel juga sanggup digunakan sebagai materi dekoratif dan teknik coating yaitu 'nikel-plating' atau 'lapisan nikel tanpa listrik' atau 'electro forming'.

Nikel merupakan materi yang penting dari beberapa sistem isi ulang baterai yang digunakan dalam elektronik, alat-alat listrik, transportasi dan pasokan listrik darurat (UPS). Yang paling populer ketika ini yaitu nikel-metal hidrida (NiMH). Nikel juga sanggup digunakan sebagai materi utama dalam banyak katalis yang digunakan untuk menciptakan reaksi kimia yang lebih efisien.

Baca juga: Sumber Daya Alam Yang Tidak sanggup Diperbaharui

Penggunaan nikel tumbuh sekitar 4% setiap tahun, sementara itu penggunaan stainless steel yang mengandung nikel tumbuh sekitar 6%. Pertumbuhan tercepat ketika ini terlihat di negara-negara yang gres berkembang, terutama di Asia. Bahan yang mengandung nikel diharapkan untuk memodernisasi infrastruktur dan untuk industri di negara-negara tersebut.

 alasannya yaitu ditemukan di dalam batuan yang tampak menyerupai bijih tembaga  Inilah Pemanfaatan Nikel yang Paling Utama
Grafik konsumsi global logam nikel vs produksi global stainless steel 2001-2020 dan perkembangan harga nikel ore 2013-2016 (Sumber: mining-technology.com dan sumbernextminingboom.com).

Sebagian besar produk yang mengandung nikel mempunyai umur yang lebih usang (rata-rata 25-35 tahun). Produk yang mengandung nikel sering mengatakan manfaat yang optimal dengan total biaya yang dikeluarkan akan lebih rendah serta efisiensi penggunaan sumberdaya energi (nikel dalam baterai).

Pada final masa pakainya, produk yang mengandung nikel sanggup dikumpulkan dan didaur ulang untuk sanggup digunakan kembali. Nikel yaitu salah satu materi yang secara global paling sering di daur ulang. Sekitar setengah dari kandungan nikel dalam produk stainless steel bersumber dari nikel yang di daur ulang.

Baca juga: Kegunaan Fosfat

Nikel merupakan sebuah kepentingan ekonomi dan mempunyai nilai strategis yang cukup besar bagi sebuah negara. International Nickel Study Group, yang berbasis di Lisbon, Portugal, yaitu sebuah tubuh antar pemerintah yang menerbitkan statistik bulanan pasokan dan seruan nikel, serta bertindak sebagai lembaga untuk pertukaran warta dan tinjauan ihwal isu terkini nikel.

Posting Komentar untuk "Inilah Pemanfaatan Nikel Yang Paling Utama"