Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Manfaat Tumbuhan Binahong Bagi Kesehatan

Binahong (Basella rubra) yaitu flora merambat yang banyak tumbuh di banyak sekali negara menyerupai Tiongkok, India, Asia tenggara bahkan mencapai Afrika. Binahong mempunyai morfologi daun yang berbentuk menyerupai hati dan bertekstur tebal dan lembap (herbaceous). Tumbuhan ini akan merambat pada flora atau benda yang ada di dekatnya dengan melilitkan batang mudanya pada benda tersebut. Setelah cukup umur, binahong akan menghasilkan buah dan umbi yang melekat pada batangnya. Tumbuhan yang gampang sekali tumbuh ini ternyata mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Daun dan batang muda binahong sanggup dimakan, baik dimakan mentah maupun matang dalam bentuk stew. Dalam binahong terkandung senyawa-seyawa bermanfaat menyerupai kardiak glikosida, flavonoid, saponin, tannin, terpenoid, kalsium, zat besi, dan vitamin A, B, C. Senyawa-senyawa tersebut dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan dan mengobati beberapa penyakit berbehaya. Berikut ini yaitu beberapa manfaat dari flora binahong.

 yaitu flora merambat yang banyak tumbuh di banyak sekali negara menyerupai Tiongkok Ini Manfaat Tumbuhan Binahong Bagi Kesehatan

Pengobatan penyakit jantung
Kndungan kardiak glikosida dalam binahong sanggup membantu meningkatkan ritme denyut jantung. Zat tersebut bisa meningkatkan aktifitas sel otot jantung dengan cara meningkatkan kadar kalsium di dalam sel otot. Otot jantung yang berkontraksi lebih aktif bermanfaat dalam pengobatan penyakit gagal jantung. Namun penggunaan dalam penyakit jantung harus dengan pengawasan jago alasannya kardiak glikosida sanggup membahayakan apabila dipakai secara sembarangan.

Pengobatan penyakit kanker
Flavonoid dan saponin yang terkandung di dalamnya mempunyai manfaat sebagai senyawa antikanker. Senyawa-senyawa tersebut akan menghambat perkembangan sel-sel kanker serta menghambat munculnya sel kanker baru. Kemampuan ini menimbulkan binahong sanggup dijadikan sebagai obat untuk mencegah dan mengobati kanker.

Pengobatan aterosklerosis
Aterosklerosis yaitu penimbunan lemak di pembuluh darah yang mengakibatkan fatwa darah menjadi terganggu. Aterosklerosis ini akan menjadi penyebab munculnya tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke. Flavonoid di dalam binahong akan membantu membersihkan timbunan lemak pada pembuluh darah sehingga badan terbebas dari resiko komplikasi aterosklerosis.

Pengobatan jerawat
Flavonoid dan tannin mempunyai efek sebagai distributor anti abkteri, antivirus, dan antijamur. Kemampuan ini menimbulkan binahong sanggup dijadikan sebagai obat untuk pengobatan nanah yang parah. Remasan daun binahong sanggup dipakai untuk mencuci muka penderita nanah untuk mematikan mikroorganisme penyebab munculnya nanah tersebut.

Mengobati anemia
Kandungan zat besi dalam binahong sanggup dipakai untuk mengobati penyakit kurang darah merah/anemia. Zat besi dipakai sebagai materi untuk menciptakan hemoglobin dalam pembentukan sel darah merah baru. Tanpa zat besi darah merah tidak sanggup menjalankan fungsinya untuk mengikat oksigen dan mengedarkannya ke seluruh penggalan tubuh.

Posting Komentar untuk "Ini Manfaat Tumbuhan Binahong Bagi Kesehatan"