Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Duck-Billed Dinosaurs: Edmontosaurus



Adalah dinosaurus yang hidup pada selesai jaman kretaseus, sekitar 75 – 65 juta tahun yang lalu. Hidup sejaman dengan Tiranosaurus sehingga sering dianggap sebagai salah satu mangsanya. Dinosaurus pemakan tumbuhan dengan panjang sekitar 13 meter dengan berat mencapai 4 ton. 

Perkiraan morfologi Edmontosaurus

Hewan berkaki empat dengan kaki depan berukuran lebih kecil dibandingkan kaki belakang. Para andal memprediksi Edmontosaurus berjalan dengan empat kakinya, namun ketika sedang dalam keadaan terdesak sanggup berlari cepat dengan memakai dua kakinya saja.

Mulut dengan paruh bebek

Mulutnya melebar dan pipih sehingga ibarat dengan paruh angsa sehingga sering disebut sebagai dinosaurus berparuh bebek. Lapisan kulit di atas hidungnya sanggup menggelembung ibarat balon dan mengeluarkan bunyi yang nyaring.

Kulit atas hidung mengembang ibarat balon

Edmontosaurus berarti “Edmonton lizard” atau kadal Edmonton, merupakan tempat di Kanada dimana fosilnya pertama kali ditemukan. Selain di Kanada, fosil binatang tersebut juga ditemukan di Amerika Barat.  Dia menyukai habitat tempat tinggal dan mencari makan di tempat bersahabat pantai.

Fosil Edmontosaurus

Posting Komentar untuk "Duck-Billed Dinosaurs: Edmontosaurus"